Sunday, 28 Apr 2024

Air Terjun dan Goa Batu Batirai, dan Air Terjun Tujuah Tingkek di Kawasan Cagar Alam Lembah Anai

news24xx


Air Terjun dan Goa Batu Batirai, dan Air Terjun Tujuah Tingkek di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, Sumatera Barat.Air Terjun dan Goa Batu Batirai, dan Air Terjun Tujuah Tingkek di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, Sumatera Barat.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Dekat kota dingin Padang Panjang di provinsi Sumatera Barat memiliki banyak tempat yang menarik dan dapat dinikmati. Mulai dari jajanan kulinernya, bangunan-bangunannya, hingga wisata alamnya.

Salah satu keindahan ciptaan Allah yang dapat dinikmati adalah air terjun yang terletak di kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Tapi travelers perlu ketahui, ada beberapa air terjun tersembunyi di kawasan ini yang tidak diketahui. Seperti air terjun Proklamator, air terjun Batu Batirai, air terjun Tujuah Tingkek.

Untuk air terjun Batu Batirai, posisinya terletak tidak jauh dari batas kota Padang Panjang, Silaiang Bawah.

Sebenarnya, untuk mencapai Air Terjun Batu Batirai ini tidak jauh,  jaraknya sekitar 100 meter dari jalan lintas Padang-Padang Panjang. Tapi, medan menuju air terjun batu batirai ini memang lumayan susah dan butuh perjuangan.

Mencapai lokasi air terjun, akan dimulai dari jalan yang sempit dan bertanah dan pepohonan di kanan kirinya, kamu juga akan dihadapkan dengan sebuah sungai yang arus airnya lumayan deras, terutama jika sedang musim hujan. Setelah itu, travelers akan menjumpai ladang penduduk dan sungai kecil, barulah sampai di Air Terjun Batu Batirai.

Bagi travelers yang baru pertama kali datang ke Air Terjun Batu Batirai, tidak ada salahnya memakai jasa pemandu atau meminta petunjuk pada masyarakat sekitar untuk membantu menemukan lokasi keberadaan air terjun ini.

Air terjun Batu Batirai ini benar-benar cantik dipandang mata, karena alam sekitarnya yang masih asri, alami, dan sejuk. Lebatnya pepohonan di kawasan inilah yang membuat pengunjung yang menyukai petualangan bisa membuat betah berlama-lama ada di sini. 

Kealamian Air Terjun Batu Batirai juga sangat terjaga, karena tempat ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Dan airnya yang dingin serta suara air yang jatuh, akan membuat travelers betah untuk mandi-mandi di aliran air terjun ini. 

Travelers pasti akan dibuat kaget, karena air terjun seindah ini dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan. Padahal, Air Terjun Batu Batirai bisa jadi alternatif wisata alam potensial selain air terjun Lembah Anai yang sudah dikenal yang lokasinya tidak jauh dari lokasi air terjun ini. 

Air terjun Batu Batirai ini memiliki beberapa tingkat dengan ketinggian dan jarak yang berbeda. Traveler bisa duduk santai di atas bebatuan besar sambil menikmati segarnya suasana.

Setelah puas bermain di Air Terjun Batu Batirai, jangan buru-buru pulang dulu. Tidak jauh dari lokasi air terjun, ada sebuah gua dengan nama yang sama persis, yakni Gua Batu Batirai.

Stalaktit dan stalakmit terlihat indah dan masih alami yang jarang tersentuh tangan. Ini yang membuat gua Batu Batirai ini tampak eksotis. 

Kondisi di dalam gua sangat gelap, karena tidak terkena sinar matahari akibat lebatnya pepohonan yang tumbuh. Oleh karena itu, travelers wajib membawa perlengkapan penerangan seperti lampu senter jika mau berkunjung ke dalam gua ini.

Dan perlu diingat agar travelers tetap menjaga kelestarian alamnya dengan tidak meninggalkan sampah ataupun coretan-coretan dari kunjungan travelers.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini juga tidak perlu merongoh kantong dalam seperti air terjun lembah Anai. Masuk ke area ini dikenakan biaya Rp 5.000 jika ada penjagaan di akses jalan masuk.

Selian itu, masih di wilayah Silaing Bawah ini juga terdapat air terjun lainnya, yang dikenal dengan nama air terjun Tujuah Tingkek (Tujuh Tingkat). Pemandangan air terjun ini juga tidak kalah bagus dengan air terjun Lembah Anai, karena memilki air yang sangat jernih serta suasana alam yang asri di sekitarnya. Dan tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi travelers yang menyukai wisata alam bebas.

Tempat ini menjadi tujuan komunitas pecinta alam untuk merasakan pengalaman ekstrem dari kawasan Cagar Alam Lembah Anai. 

Travelers bisa berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan jalur darat. Dan untuk memasuki kawasan wisata ini diperlukan biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Ada dua jalur untuk mencapai lokasi, yang pertama, jika travelers memulai perjalanan dari pusat kota Padang Panjang, langsung ke Gerbang Kota Padang Panjang di Silaing Bawah. Dekat jembatan kembar, travelers bisa berjalan kaki dengan menyeberangi sungai yang ada disebelah kiri jalan. Setelah itu, travelers bisa menelusuri tepian sungai untuk sampai ke lokasi. Waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan. 

Jalur kedua adalah dari pusat kota Padang Panjang, travelers juga bisa menempuh jalur dari Jembatan Tinggi yang berada di Silaing Bawah. Jalan yang akan dilewati cukup terjal dan dipenuhi semak belukar dan akar pepohonan. Ini akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan ke lokasi tujuan.

Air terjun tersebut terdiri dari tujuh tingkatan, yang tertinggi sekitar dua puluh meter. Dan tingkatan yang lainnya beragam dengan jarak yang tidak terlalu jauh satu sama lainnya. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik bagi travelers yang menyukai petualangan.

Selain itu, untuk mengetahui lokasi air terjun - air terjun ini, bisa memanfaatkan petunjuk yang ada di google map. []





Loading...