Monday, 27 Jun 2022

16 Pantai Terbaik di Indonesia dari Aceh hingga Papua

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Indonesia terkenal sebagai negara maritim karena terdiri dari ribuan pulau dan wilayah pesisir dan lautan yang luas. Setiap pantai menawarkan pemandangan dan pengalaman spektakuler yang berbeda, memanjakan wisatawan, terutama pengunjung pantai.

Berikut 16 pantai menakjubkan di seluruh nusantara yang sayang untuk dilewatkan seperti yang direkomendasikan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui laman resminya news.kkp.go.id:

1. Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai yang indah di Pulau Jawa untuk menikmati matahari terbit dan terbenam dengan suara ombak pantai yang menenangkan. Wisatawan juga dapat mengunjungi situs lain, seperti Gua Parat, Gua Lanang, dan Gua Punggung.

2. Pantai Kuta, Bali

Pantai Kuta di Pulau Dewata populer di kalangan wisatawan internasional. Ombaknya yang kuat sangat ideal untuk berselancar.

3. Pantai Bunaken, Sulawesi Utara

Pantai Bunaken terkenal dengan keindahan bawah lautnya, termasuk dinding terumbu karang yang dikenal dengan Underwater Great Wall. Pantai yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken ini cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan berenang, snorkeling, dan menyelam.

4. Pantai Ora, Maluku 

Pantai Ora adalah sebuah teluk dengan tebing yang terletak di bagian utara Pulau Seram, Ambon, Provinsi Maluku. Menawarkan pemandangan bawah laut yang tak kalah cantik dengan surga laut lainnya seperti Bunaken dan Raja Ampat, Papua.

5. Senggigi, Lombok

Terletak di pantai barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi menawarkan pemandangan alam yang epik dengan pasir putihnya. Ini adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan berjemur selama berjam-jam.

6. Pantai Pianemo, Papua

Pantai Pianemo adalah salah satu pantai terbaik di Papua. Keindahan terumbu karangnya tentu memanjakan pengunjung. Wisatawan juga disarankan untuk mendaki ke puncak Pianemo dan menyaksikan pemandangan pulau-pulau kecil di sekitar bukit yang menakjubkan.


Read More : Lomba Panahan Tradisional Yogyakarta Jemparingan Kembali Setelah 2 Tahun

7. Pantai Pink, Flores, NTT

Pantai Pink yang terletak di Lombok Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur atau NTT, merupakan surga pantai yang populer di Indonesia. Ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa dan merupakan tempat terbaik untuk snorkeling di antara kehidupan laut tropis.

8. Pantai Nyang Nyang, Bali

Terletak di Uluwatu, Bali, pantai terpencil ini terletak di antara tebing yang rimbun dan ombak biru. Wisatawan dapat berkunjung pada sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam dengan pemandangan yang luar biasa. Akses yang sulit ke pantai ini, bagaimanapun, layak di kunjungi.

9. Pantai Liang, Maluku

Snorkeling di Pantai Liang

Pantai ini populer dinamai menurut lokasinya: Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Nama lainnya adalah Pantai Hunimua.

Dengan hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih satu kilometer dengan lebar 300 meter dan pemandangan bawah laut yang sangat menawan, Badan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) mendeklarasikan pantai ini sebagai tempat terindah di Indonesia pada tahun 1990.

Pantai ini paling baik dikunjungi pada bulan September-November dan April-Mei. Pada bulan-bulan lainnya, perairan Pantai Liang cenderung keruh karena ombak yang besar.



Read More : 5 Tempat Liburan Ranch yang Wajib Dikunjungi untuk Keluarga di Jabodetabek

10. Pantai Amed, Bali

Pantai Amed membentang di tujuh desa di Bali Timur. Perairan pesisirnya memiliki terumbu karang yang indah. Ini juga merupakan rumah bagi berbagai kehidupan laut, seperti bintang laut ungu, hiu karang, dan penyu. Wisatawan juga bisa menyelam di malam hari dan berenang dengan plankton bioluminescent.

Aktivitas paling menarik adalah menyelam ke titik tenggelamnya USS Liberty di Tulamben, sekitar 30 kilometer sebelah utara Pantai Amed. Ini juga dikenal sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Wisatawan juga dapat mengamati bagaimana petani secara tradisional memanen garam dari air laut yang dituangkan pada batang pohon kelapa di kawasan Purwaketi.

11. Pantai Blue Lagoon, Bali

Blue Lagoon adalah surga bawah laut karena merupakan tempat yang bagus untuk snorkeling dan menyelam.

12. Pulau Ontoloe, NTT

Pulau Ontoloe dikenal sebagai Pulau Kelelawar karena merupakan rumah bagi ribuan kelelawar buah. Terletak di timur laut Flores dan merupakan pulau terbesar di Taman Laut 17 Pulau Riung. Ada lebih dari 20 pulau dengan ekosistem terumbu karang yang indah.

13. Pulau Natuna dan Anambas, Riau

Kepulauan Natuna dan Anambas merupakan pulau terluar di perbatasan utara. Terletak di Kepulauan Riau, di sisi barat Laut Cina Selatan. Pulau-pulau tersebut memiliki pantai pasir putih. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat penyu yang datang ke pantai untuk bertelur.

14. Pantai Bira, Sulawesi Selatan

Pantai Bira yang berpasir putih terletak di Tanjung Bira, Sulawesi Selatan. Wisatawan dapat menyewa perahu dan mengunjungi pulau terdekat, pulau Liukang Loe, untuk mencapai pantai.

15. Pulau Togian, Sulawesi Tengah

Pulau Togian menawarkan pasir halus. Wisatawan juga bisa melihat terumbu karang dari atas karena airnya yang jernih. Dapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang Bajau lokal yang dikenal sebagai Gipsi Laut yang tinggal di pedesaan di atas air. Untuk liburan yang lebih menantang, cobalah mendaki gunung berapi Una Una.

16. Pulau Weh, Aceh

Terletak di titik paling barat Indonesia, Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang dulunya terhubung dengan pulau Sumatera. Sekarang dipisahkan oleh laut setelah letusan gunung berapi di era Pleistosen. Di Pulau Weh, terdapat pantai Gapang dan Iboih dengan air hangat dan jernih, tempat yang sempurna untuk menyelam dan snorkeling.

 





Loading...