Monday, 20 Sep 2021

Cerita Misteri yang Belum Terpecahkan di Gunung Semeru Yang Bikin Merinding

news24xx


Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Gunung Semeru di Jawa Timur memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu destinasi favorit para pecinta alam dan para pendaki. 

Beberapa waktu lalu, gunung ini sempat menyemburkan lahar dan awan panas, gunung juga mengeluarkan abu vulkanik. Radius-nya disebutkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencapai 4,5 kilometer, dan menyerang daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan.

Walaupun gunung ini aktif, para pendaki masih sangat antusias untuk menaklukan gunung ini. 

Untuk diketahui, gunung Semeru ini memiliki panorama alam yang sangat indah, dan terdapat beberapa danau cantik yang ada di trek pendakian.

Akan tetapi, dibalik keindahan gunung Semeru, terdapat beberapa misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. 

Berbagai cerita mistis, keanehan dan penampakan sering dialami para pendaki. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cerita misteri menarik yang terjadi di area gunung Semeru.

1. Ikan mas Ranu Kumbolo

Di area gunung Semeru terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama danau Ranu Kumbolo. Konon terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal usulnya. Ikan mas itu oleh masyarakat setempat disebut sebagai jelmaan para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo.

Di area Ranu Kumbolo terdapat larangan menangkap ikan, jika melanggar, maka bersiaplah untuk mendapat hal-hal aneh yang akan menimpa. Dan larangan ini sudah terdengar bagi para pendaki. 

2. Hantu wanita Ranu Kumbolo

Terdengar juga kisah penunggu di danau Ranu Kumbolo, yakni ada sosok hantu wanita. Dalam cerita yang beredar, ditengah danau yang jernih ini, pada malam bulan purnama kerap ada penampakan yang diyakini sebagai dewi penunggu. Penampakan juga kerap muncul seiring dengan turunnya kabut tebal di sekitar danau. 

3. Kesurupan ini kelik

Cerita lainnya, juga pernah kejadian pendaki yang jatuh, hilang dan tersesat. Bahkan juga ada yang kesurupan. 

Beberapa batu penanda kejadian ini banyak diletakkan disana sebagai tanda bahwa ada beberapa orang meninggal di daerah tersebut. Pendaki kesurupan berbagai makhluk dan juga binatang.

Dan para pendaki disarankan untuk tidak melamun atau memisahkan diri dari rombongan.

4. Arcopodo

Daerah ini merupakan daerah yang lapang setelah hutan. Arcopodo dikenal dengan patung kembar yang merupakan salah satu tempat angker di gunung Semeru. Dalam misteri gunung Semeru, patung tersebut pendirinya adalah prajurit kerajaan Majapahit.

Namun keberadaan patung tersebut ternyata tidak bisa dilihat sembarang orang. Hanya orang orang tertentu yang mampu melihat keberadaan berdirinya patung itu.

Dan jika ada yang melihatpun memiliki berbagai versi tersendiri. Ada yang bilang bahwa patung tersebut sebesar anak kecil, namun juga ada yang mengatakan bahwa patung tersebut sebesar raksasa sehingga bisa terlihat dari jauh. 

Area Arcopodo ini merupakan pos terakhir sebelum pendaki menuju puncak Mahameru.

5. Salju Ranu Kumbolo

Kristal es di Semeru biasa terjadi karena suhu sangat dingin. Dan keberadaan es ini adalah akibat posisi danau yang berada dalam ketinggian 2400 mdpl. 

Disisi lain, Ranu Kumbolo juga sangat terkenal dengan penampakan sunrise-nya yang menawan. Jika kamu beruntung, kamu bisa merasakan dan melihat kristal es yang terbentuk karena suhu yang dingin. Es tersebut dapat dilihat di dedaunan atau di pinggir danau. 

6. Mbah Dipo

Gunung Semeru sebenarnya ada juru kunci atau penjaga yang dikenal dengan nama Mbah Dipo. Ia bertempat tinggal di area yang paling berbahaya di gunung Semeru. Ia bertugas menjaga dan menantikan dan memberi kabar gunung akan meletus. 

Menurut sebagian masyarakat, beliau adalah satu satunya orang yang mengetahui kapan meletusnya gunung Semeru.

Namun sekarang mbah Dipo telah tiada. Ia berpesan jika nanti gunung Semeru meletus bahwa jangan pernah lari ke arah desa Gunung Sawur, tapi larilah menuju arah sungai. []

 





Loading...