Saturday, 18 May 2024

Apakah Hari Pendidikan Nasional Libur Simak Sejarah Hingga Tema Hardiknas 2024

news24xx


Apakah Hari Pendidikan Nasional Libur  Simak Sejarah Hingga Tema Hardiknas 2024Apakah Hari Pendidikan Nasional Libur Simak Sejarah Hingga Tema Hardiknas 2024
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Mengapa 2 Mei dipilih sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia?

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tanggal 2 Mei adalah hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Tanggal tersebut dipilih untuk mengenang jasanya sebagai pahlawan pendidikan Indonesia.

Salah satu semboyannya di dunia pendidikan yang cukup terkenal hingga saat ini adalah "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangungkarso, Tut Wuri Handayani". Artinya "Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan". 

Hari Pendidikan Nasional 2024 yang ke berapa? Jika dihitung dari tahun pertama kali dirayakan yakni tahun 1948, maka pada tahun 2024 ini, Hardiknas akan memasuki peringatan ke-77.

Mulanya, Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap tanggal 28 Juli, yang merupakan ulang tahun pendiri Budi Utomo. Tokoh penting di balik gerakan pendidikan modern di Indonesia.

Baca juga : EPPD Indramayu Peringkat 4 Nasional, Mendagri Serahkan Penghargaan ke Bupati

Namun, sejak tahun 1959, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959, tanggal tersebut diubah menjadi 2 Mei, bertepatan dengan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara.

Karena perjalanan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari Ki Hajar Dewantara. Sosok dengan nama lahir Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini merupakan pelopor pendidikan di Tanah Air. 

Beliau dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional, karena perannya yang luar biasa dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Salah satu kontribusi terbesar Ki Hajar Dewantara adalah pendirian Perguruan Taman Siswa pada tahun 1922. Taman Siswa menjadi wadah pendidikan yang berpusat pada murid, menerapkan filosofi "Tut Wuri Handayani" yang menekankan peran guru sebagai pembimbing dan pendamping murid dalam proses belajar mengajar.

Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam berbagai organisasi pendidikan dan menulis banyak karya tentang pendidikan. 

Baca juga : Cuaca Jakarta Hari Ini Hujan Atau Panas Menurut Info BMKG Selasa 23 April 2024?

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendikbudristek tentang pedoman peringatan Hardiknas 2024, Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, adalah "Bergerak Bersama, Lanjutkan NEWS24.CO.ID Belajar".

Jika merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang cuti bersama dan libur nasional tahun 2024, Hari Pendidikan Nasional bukan termasuk dalam hari libur nasional. Sehingga tidak ada tanggal merah pada 2 Mei atau libur sekolah. 

Logo Hari Pendidikan Nasional 2024 dapat diunduh di laman Kemdikbud berikut ini:

 

Logo:

Baca juga : Cuaca Jakarta Hari Ini Hujan Atau Panas? Ini Info BMKG Selasa 16 April 2024

https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/577dd11a1eed5ef

 

Pedoman Peringatan Hardiknas 2024:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/04/pedoman-peringatan-hari-pendidikan-nasional-tahun-2024

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...