Wednesday, 05 Oct 2022

Mengenal CryptoPunk, NFT Tertua yang Dihargai Ratusan Miliar Rupiah

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Non-fungible Token (NFT) menjadi aset kripto yang mencapai puncaknya pada tahun 2021 lalu. NFT termahal yang pernah terjual tercatat mencapai harga miliaran bahkan sampai  triliunan. Nah, salah satu yang paling pertama dan dihargai sampai miliaran rupiah adalah CryptoPunk. Salah satu koleksinya, CryptoPunks #7523 berhasil terjual dengan harga 11,75 juta dollar AS, sekitar Rp168,2 miliar pada Juni tahun lalu.

Dilansir dari Cryptopotato, CryptoPunks sendiri merupakan proyek NFT pertama yang memulai kiprahnya pada tahun 2017. Seni digital ini merupakan garapan dari Larva Labs, studio asal Amerika Serikat yang dijalankan oleh dua orang seniman, Matt Hall dan John Watkinson.


Read More : Indonesia Bantah Melakukan Pembicaraan Rahasia dengan Israel

Sekarang, CryptoPunks adalah NFT terpopuler yang beberapa koleksinya dihargai sampai ratusan miliaran rupiah. Namun, apa sebenarnya seni digital kripto ini, dan bagaimana CryptoPunks bisa dihargai selangit? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu CryptoPunks?

CryptoPunks merupakan pioner yang paling terkenal di dunia NFT. Hal ini karena karya seni tersebut adalah seri paling awal yang dikembangkan di blockchain ethereum. Karya seni digital ini dibuat oleh  perusahaan perangkat lunak yang berbasis di New York, Larva Labs pada 2017 silam.

NFT ini merupakan koleksi 10.000 karya seni berupa gambar piksel, yang masing-masing gambarnya menampilkan kombinasi, kepribadian, dan atribut yang unik yang dihasilkan secara acak. Itulah yang menyebabkan antara satu koleksi dan lainnya tidak ada yang sama persis.

Kenapa CryptoPunk Bisa Berharga Fantastis?

Semakin tinggi demand (permintaan) suatu barang, maka akan semakin mahal harga barang tersebut. Itulah yang terjadi dengan CryptoPunk. Namun, pertanyaannya adalah, bagaimana sebuah gambar piksel memiliki permintaan yang sangat tinggi? Ada beberapa alasan yang membuat permintaan CryptoPunks meroket dan membuatnya sangat mahal, tetapi ada dua faktor utama yang membuatnya bisa sangat mahal.

Pertama, CryptoPunk adalah salah satu proyek NFT tertua yang masih beredar saat ini. Karya seni digital ini merupakan yang pertama yang berada di blockchain. Hal inilah yang membuat permintaannya meroket tajam. Banyak investor yang membeli CryptoPunk karena ingin memiliki salah satu NFT tertua yang masih beredar hingga kini. Kedua, secara umum NFT bernilai sangat tinggi dan jadi trending akibat kelangkaan token tersebut, tak terkecuali CryptoPunk. Permintaan tinggi pada NFT ini didorong oleh para pesohor seperti Selena Williams, Jay-Z, dan lainnya, yang menjadikan CryptoPunk sebagai foto profil di media sosial mereka. Hal itu menjadikan permintaan token di komunitas kripto setinggi langit dan menjadikan harganya fantastis.



Read More : PT Alfatrans Sumber Sejahtera Berikan Santunan Kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Apa Saja Tipe-Tipe CryptoPunks?

CryptoPunks terdiri dari beragam desain yang berbentuk manusia, kera, zombi, dan alien. Makin unik kombinasi, semakin langka pula NFT CryptoPunks. NFT tersebut terdiri dari 24 kera, 9 alien, 88 zombi, 3.840 Punk perempuan,dan 6.039 Punk laki-laki. Masing-masing karakter tersebut memiliki ciri khas sendiri, seperti kacamata 3D, pipi merah, lipstik, kucir rambut, memakai beanie, dan lain sebagainya.

Seribu CryptoPunks pertama disediakan untuk pengembang proyek yang dikenal sebagai Dev Punks. Selain itu, terdapat Punk tanpa ciri khas atau atribut khusus yang dinamakan “Genesis Punk”. Sementara, CryptoPunk #8348 punya tujuh atribut dasar dan merupakan salah satu karya seni yang paling dicari.

CryptoPunk Termahal yang Pernah Terjual

Seperti yang dijelaskan di awal tadi, CryptoPunk menjadi salah satu NFT termahal di dunia saat ini. Harga dari karya seni digital ini dapat mencapai ratusan miliaran rupiah untuk satu koleksinya. Untuk mengetahui CryptoPunk termahal, simak di bawah ini.

1. CryptoPunk #7523

CryptoPunk #7523

CryptoPunk  #7523 adalah salah satu alien Punk yang hanya berjumlah sembilan dari semua koleksi. Hal itu menyebabkan karya seni tersebut menjadi salah satu yang terlangka. NFT ini merupakan alien yang menggunakan masker dan dikenal juga dengan “Covid Alien”. CryptoPunk  #7523 sendiri berhasil terjual dengan harga 11,75 juta dollar AS atau Rp168,2 miliar.

2. CryptoPunk #4156

CryptoPunk #4156

CryptoPunk #4156 merupakan yang termahal kedua dengan harga fantastis, yaitu 10,26 juta dollar AS atau sekitar Rp147,7 miliar. NFT tersebut adalah salah satu dari 24 koleksi CryptoPunk yang berupa kera berbandana warna biru.

3. CryptoPunk #7804

CryptoPunk #7804

NFT ini berbentuk alien yang sedang merokok dengan pipa yang memakai topi dan berkacamata hitam. CryptoPunk #7804 terjual dengan harga 7,56 juta dollar AS atau Rp108,8 miliar yang dibeli oleh CEO Figma Dylan Field.

4. CryptoPunk #3100

CryptoPunk #3100

CryptoPunk #3100 merupakan alien yang menggunakan headband berwarna biru. Karya seni tersebut berhasil terjual pada awal Maret tahun lalu dengan harga 7,51 juta dollar AS atau sekitar Rp108,1 miliar.

5. CryptoPunk #5217

CryptoPunk #5217

NFT ini merupakan Punk berbentuk kera yang memakai kupluk rajut berwarna merah dan kalung rantai berwarna emas. CryptoPunk #5217 sendiri berhasil terjual dengan harga 5,44 juta dollar AS atau Rp77,7 miliar.





Loading...