Wednesday, 18 May 2022

Jangan Main-main Jika Telingamu Gatal, Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

news24xx


Foto : MstarFoto : Mstar
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  KETIKA telinga terasa gatal, biasanya kita akan menggali telinga dengan cotton bud meski tidak ada kotoran di dalamnya. Apa yang kita lakukan sebenarnya bisa menyebabkan telinga terasa lebih gatal dan dalam beberapa kasus melukai bagian dalam.

Sebenarnya telinga gatal sering terjadi dan bisa disebabkan oleh beberapa hal.


Read More : PT Alfatrans Sumber Sejahtera Berikan Santunan Kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

1. Terlalu sering membersihkan telinga

Zat lilin yang dianggap kotoran telinga ternyata berperan sebagai penahan air dan melindungi telinga manusia. Zat lilin ini memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang membantu mencegah infeksi. Kebiasaan sering membersihkan telinga dapat membuat telinga rentan terhadap infeksi serta akan mendorong zat lilin semakin dalam.

Akibatnya lebih banyak kotoran yang menempel di telinga sehingga menimbulkan rasa gatal. Perlu diingat bahwa, kotoran telinga biasanya akan keluar dari liang telinga dengan sendirinya. Kita hanya perlu membasuh bagian luar telinga saat mandi atau teteskan untuk memecah kotoran yang menempel.

Hindari penggunaan cotton bud terlalu sering karena bisa menempel di telinga.

 

2. Penyakit kulit

Penyakit seperti eksim dan psoriasis bisa terjadi di beberapa bagian kulit dan memicu rasa gatal termasuk telinga. Jika itu terjadi, sebaiknya lanjutkan ke dokter dan bisa disembuhkan.



Read More : Mengenal CryptoPunk, NFT Tertua yang Dihargai Ratusan Miliar Rupiah

3. Infeksi telinga

Gatal adalah salah satu gejala awal infeksi telinga. Biasanya datang dengan rasa sakit seperti berdengung selain ada cairan yang mengalir keluar dari liang telinga. Gejala tersebut jika dibiarkan bisa merusak telinga dan pendengaran. Segera temui dokter karena bisa diobati sebelum terlambat.





Loading...