Saturday, 20 Apr 2024

Mantan Pemain Voli Wanita Aprilia Manganang Kini Resmi Menjadi Pria, Jadi Kisah Langka di Indonesia

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Meskipun belum tentu menjadi tonggak sejarah bagi hak-hak LGBTQ +, Indonesia secara resmi telah menerima perubahan jenis kelamin mantan atlet, yang tetap memicu diskusi tentang fluiditas gender di negara ini.

Aprilia Manganang, 28 tahun, mewakili tim voli putri Indonesia sebelum pensiun pada tahun 2020 dan bergabung dengan militer.

Mantan pemain bola voli itu sempat menjadi pusat kontroversi gender di SEA Games 2015 ketika Filipina mengimbau atlet berbadan besar menjalani tes gender. Banding tersebut ditolak oleh panitia kompetisi, dan Aprilia tetap bersikukuh bahwa dia adalah perempuan.


Read More : Steve Cooper Di Posisi yang Sangat Genting Saat Ini, Dia Jadi Kandidat Terkuat Pelatih Dipecat

Namun pertanyaan tentang identitas gender Aprilia tidak berakhir di situ, karena terungkap bahwa ia dilahirkan dengan kondisi langka yang disebut hipospadia, di mana lubang uretra terletak di bagian bawah penis, bukan di ujungnya. Pihak militer telah memenuhi keinginannya untuk menjalani operasi korektif dan secara hukum diakui sebagai laki-laki.

"Ini adalah momen yang saya tunggu-tunggu. Saya sangat senang Saya berterima kasih kepada semua dokter yang telah membantu saya, ”kata Aprilia dalam konferensi pers kemarin, di mana dia mengumumkan bahwa dia telah menyelesaikan tahap pertama dari beberapa fase operasi korektifnya.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andi Perkasa menekankan bahwa Aprilia bukan trans, dan mengatakan bahwa tentara mendesak sersan untuk menjalani prosedur yang tidak mampu dia dan keluarganya lakukan.



Read More : Presiden FIFA Akan Kunjungi Indonesia untuk Pandu Transformasi Sepak Bola Nasional

Tentara juga setuju untuk mengubah semua dokumen sipil Aprilia agar secara hukum mengakuinya sebagai laki-laki.

Netizen sebagian besar mendukung dan bersimpati kepada Aprilia, terutama mengingat dia telah berbuat yang baik sepanjang hidupnya. Aprilia menikmati karir gemerlap sebagai pemain bola voli wanita, setelah memenangkan empat gelar domestik dan medali perunggu di SEA Games 2017.





Loading...