Wednesday, 24 Apr 2024

Destinasi Wisata Air Terjun Di Antara Dua Sungai

news24xx


Air terjun Sungai OsangAir terjun Sungai Osang
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, Kampar - Kabupaten Kampar Provinsi Riau punya segudang destinasi wisata menarik. Salah satu yang diperbincangkan kali ini adalah air terjun Sungai Osang.

Air terjun Sungai Osang ini terdapat di Dusun IV Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Air Terjun Sungai Osang merupakan aliran air dari Sungai Binamang menuju Sungai Osang. Karena adanya perbedaan ketinggian letak Sungai Osang dengan Sungai Binamang, maka terciptalah air terjun yang menarik.

Jadi, air terjun Osang adalah pertemuan dua sungai dengan ketinggian yang berbeda, di mana air dari sungai Binamang jatuh ke aliran Sungai Osang. 

Kedua sungai tersebut berada di kawasan hutan yang masih alami dan tidak jauh dari perkebunan masyarakat. Kondisi airnya masih jernih dan dikelilingi tanaman hutan yang lebat dan asri. 

Pada cucuran air terjun terbentuk kolam yang memungkinkan untuk berendam dengan arus lembut yang terus mengalir.

Untuk mencapai lokasi ini, para pengunjung tidak membutuhkan tantangan yang berat. Jika menggunakan kendaraan seperti roda dua dan roda empat, maka perjalanan dari Simpang Batu Besurat jalan lintas Bangkinang-Payakumbuh atau tempat posko check poin perbatasan Riau hanya membutuhkan waktu 12 menit atau sekitar 10 kilometer. Jalan yang dilalui adalah jalan aspal yang lebar. 

Kemudian, setiba di Simpang Y Koto Tuo, perjalanan dilanjutkan melewati pemukiman masyarakat dengan waktu 12 menit atau sekitar 4,2 kilometer. Jalan yang ditempuh adalah jalan aspal dan juga jalan tanah. 

Kemudian, setelah melewati jembatan, maka disambung dengan berjalan kaki sejauh kurang dari satu kilometer dengan akses jalan setapak yang melewati perkebunan masyarakat. Akan tetapi untuk roda dua sebenarnya bisa langsung sampai ke lokasi air terjun.

Keterangan dari masyarakat setempat, lokasi ini kerap dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati alam dengan berenang dan mandi-mandi. 

Pada umumnya mereka tidak hanya sekedar melihat atau jalan-jalan saja namun benar-benar ingin menikmati segarnya air Sungai Osang yang konon katanya tak mau keruh walaupun orang yang mandi sangat ramai karena dasar sungainya berpasir. 
 
Yang membuat Sungai Osang lebih menarik adalah karena keberadaan Air Terjun. Meski tak terlalu tinggi, hanya sekitar 7 meter, namun lokasi ini tetaplah indah dan menjadi favorit untuk berswafoto oleh pengunjung.

Sungai Osang ini sendiri, juga menjadi salah satu tempat kunjungan masyarakat dalam memasuki bulan suci Ramadhan untuk mandi balimau kasai. []

 





Loading...