Friday, 26 Apr 2024

Pesona Air Terjun Burai Pakiah Na’ali di Nagari Sabu, Destinasi Baru Tanah Datar

news24xx


Objek Wisata Burai Pakiah Na’ali Nagari Sabu, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. /Dok Dinas Pariwisata Tanah Datar.Objek Wisata Burai Pakiah Na’ali Nagari Sabu, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. /Dok Dinas Pariwisata Tanah Datar.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, TANAH DATAR - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar baru saja merilis Objek Wisata Burai Pakiah Na’ali Nagari Sabu, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (24/10/2020) lalu.

Kadis Parpora Tanah Datar Abdul Hakim mendukung dan mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat yang terus melahirkan destinasi wisata baru dan mengelolanya.

Saat ini terdapat 12 destinasi wisata unggulan di Tanah Datar, di antaranya Air Terjun Lembah Anai, Nagari Tuo Pariangan, dan Istano Basa Pagaruyung. Akan tetapi masih banyak lagi lainnya yang menjadi destinasi wisata yang kerap menjadi kunjungan wisatawan.

"Dengan lahirnya objek wisata ini yang merupakan air terjun, tentu semakin menambah kekayaan potensi wisata di daerah kita untuk menjadi destinasi pilihan nantinya," ujar Abdul Hakim.

Abdul Hakim menambahkan, dalam mengelola pariwisata menjadi hal yang tidak mudah, karena dibutuhkan kerja keras, kerja sama, dukungan dan komitmen semua pihak terkait.

Sementara itu Wali Nagari Sabu Omrizal Dt. Sadano mengatakan objek wisata Burai Pakiah Na’ali harusnya diresmikan beberapa waktu lalu namun mengalami penundaan.

"Objek wisata ini sebenarnya sudah lama ada, namun berkat kegigihan berbagai unsur lapisan masyarakat, baik pemuda, ninik mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat serta dukungan perantau destinasi ini bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa diperkenalkan," ujarnya.

Ia berharap keberadaan destinasi Burai Pakiah Na’ali bisa menjadi magnet dan penarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Nagari Sabu.

"Semoga dengan objek wisata ini bisa semakin memperkenalkan Nagari Sabu ke masyarakat luas, walau sebenarnya banyak potensi wisata lainnya yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan juga, namun objek inilah kita harap sebagai titik awal kita melangkah untuk tingkat selanjutnya," tukasnya 

Lebih lanjut, ia mengatakan berbagai fasilitas yang menjadi penundaan adalah transportasi, toilet, pesanggrahan yang menjadi salah satu elemen penting untuk kenyamanan pengunjung.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata Burai Pakiah Na’ali ini lokasinya berada di kaki gunung Marapi. 

Pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 20 menit dari pusat kota Batusangkar jalan menuju ke kota Padang Panjang dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun sepeda motor. Tujuan adalah Nagari Sabu.

Kendaraan hanya bisa sampai ke nagari Sabu. Kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Dalam perjalanan, pemandangan indah terlihat, mulai dari sawah, ladang, dan perbukitan yang merupakan Bukit Barisan di Sumatera.

Perjalanan tidak sulit dan menantang, karena sudah ada akses jalan setapak yang dibuat masyarakat. Dan lokasi ini kerap ramai dikunjungi traveler saat akhir pekan. []





Loading...