Friday, 26 Apr 2024

Air Terjun Batu Hidung dan Air Terjun Putri Kayangan Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu

news24xx


Air terjun Batu Hidung (kiri) dan air terjun Putri Kayangan (kanan)Air terjun Batu Hidung (kiri) dan air terjun Putri Kayangan (kanan)
https://swastikaadvertising.com/

Dede4D NEWS24.CO.ID, KAMPAR - Kabupaten Kampar punya segudang destinasi wisata yang indah. Ada dua tempat lokasi air terjun yang bisa sekaligus dikunjungi dalam sekali tempuh.

Untuk Dede4D mencapai lokasi air terjun, dari kota Pekanbaru membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan ke arah Barat. Jalan menuju ke desa Tanjung kecamatan Koto Kampar Hulu dengan akses jalan darat.

Aksesnya dimulai dari dari gerbang Slot Gacor Paling Populer jalan menuju Candi Muara Takus. Dari Candi Mura Dede4D Takus perjalanan menuju Desa Tanjung sekitar 2 kilometer hingga sampai di tepian dermaga Mandi Angin, di tepian Sungai Kampar.

Di dermaga ini lengkap dengan rumah makan, perjalanan dilanjutkan mengunakan perahu mesin. Pemilik dermaga sekaligus Rumah Makan Mandi Angin.

Pemilik juga menyiapkan perahu mesin dengan perangkat keamanan bagi pengunjung, berupa pelampung dan helm. Satu perahu bisa Dede4D disewa dengan tarif mulai dari Rp 650 ribu dengan muatan 10 penumpang.

Dari dermaga Mandi Angin ini, perahu bertolak menuju hulu sungai. Menyusuri Sungai Kampar hingga Sungai Kopu atau Kapur yang hulunya berada di Provinsi Sumatera Barat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Decak kagum dimulai begitu perahu menyusuri sungai yang diapit dua tebing cadas nan terjal, yang masih bagian dari rangkaian Bukit Barisan yang terbentang di sepanjang Pulau Sumatera. 

Para wisatawan juga akan dibuat berdebar kala melintasi pusaran air dengan arus derasnya. Di sini, awak perahu, harus piawai membawa perahu mesin Dede4D yang melawan arus. Jika tidak, sangat mungkin perahu akan menabrak bebatuan dinding di pinggiran sungai.

Keindahan alam disini tidak kalah dengan keindahan wisata alam di provinsi tetangga. Sangat eksotis dan indah  sekali. Menikmati pemandangan hutan berbalut bebatuan purba dan tebing layaknya  grand canyon. 

Dari mata air di sela-sela tebing muncul air mengalir membentuk air terjun dengan berbagai ukuran. Tidak hanya satu, tebing-tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter  ini mengalirkan air terjun dengan jumlah yang cukup banyak di kiri kanan sungai.


Dalam perjalanan melintasi Sungai Kapur, pemandangan di sekeliling terlihat hutan dengan pepohonan yang masih terjaga. Air sungai juga cukup bersih. Disekitar juga terlihat pepohonan yang masih terjaga.

Air di sungai Kapur juga cukup bersih. Dan akses di sungai juga terlihat dipenuhi dengan tebing-tebing yang dipenuhi dengan bebatuan yang cukup besar. 

Sekitar 30 menit perjalanan, suatu bentukan alam yang unik dengan fitur utama sungai Kapur dan ngarai yang terbentuk dari bebatuan besar di kedua sisinya. 

Terlihat juga aliran air yang mengalir turun dengan ukuran yang kecil hingga agak besar dari bebatuan di tebing-tebing ini. 

Dengan suasana alamnya yang masih bersih dan rimbunnya pepohonan yang menutupi sebagian daerah tebing, serta kicauan burung yang bernyanyi tiada henti, membuat kondisi panorama alam di tempat ini benar-benar alami dan menyegarkan. 

Bagi pengunjung yang ingin berenang pun bisa melakukannya di sini, tapi jangan lupa memakai perlengkapan pengaman seperti seperti pelampung. Karena sungai ini cukup dalam.

Setelah melewati sungai Kapur, kita akan melihat Air Terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter, yang mengalir melewati bibir tebing yang terdiri dari bebatuan cadas. 

Air terjun ini dinamai dengan air terjun batu hidung. Ini karena terlihat tebing Dede4D  dengan bebatuan dengan kontur unik mirip layaknya batang hidung, dengan air terjun mengalir deras yang menjadikan namanya Air Terjun Batu Hidung.

Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi  Dede4D menyusuri sungai Kapur sekitar 20 menit. Dan lagi untuk mencapai air terjun berikutnya ditambah dengan jalan kaki sekitar 20 menit dengan menyusuri hutan.

Selama berjalan kaki menuju Air Terjun Putri Khayangan, dan disuguhi dengan air yang mengalir. Ini benar-benar memberikan kesegaran alami bagi setiap pengunjung. Alam yang sangat mempesona dengan sungai yang mengalir, tebing nan menjulang, membuat setiap pengunjung merasa fresh.

Setibanya di lokasi Air Terjun Putri Khayangan, pengunjung akan semakin takjub dengan keindahan air terjun bertingkat mengalir deras dari tiga sisi. 

Pemandangan inilah yang akan membuat hati dan pikiran fresh dari rutinitas yang selama ini dilakukan di kota setiap hari.

Di air terjun Putri Kayangan, pengunjung dapat puas mandi-mandi sambil berenang karena airnya tidak dalam. 

Perjalanan menuju air terjun ini bisa mendapatkan kesan tersendiri bagi yang hobi menikmati wisata alam air terjun yang masih natural, plus trekking, sambil menjajal stamina

Lokasi air terjun Putri Khayangan merupakan wisata alam yang masih perawan di Kabupaten Kampar. Memberikan nuansa baru bagi para pecinta alam. Menikmati derasnya air dari tebing bebatuan yang tinggi, sembari merasakan kesejukan hutan nan asri. **

 





Loading...