Friday, 26 Apr 2024

Libur Akhir Pekan, Ini Beberapa Destinasi Wisata di Kabupaten Indragiri Hulu Yang Eksotis

news24xx


Air terjun Tembulun, InhuAir terjun Tembulun, Inhu
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, INDRAGIRI HULU -Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau terletak di sebelah Tenggara Kota Pekanbaru. Untuk mencapai wilayah ini memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi. Akan tetapi tidak lama lagi akan semakin cepat karena pemerintah tengah berencana membangun jalan tol yang menghubungkan kota Pekanbaru dengan kota Rengat (pusat Kabupaten Inhu) sebagai lanjutan jalan trans tol Sumatera.

Kabupaten ini letaknya dikelilingi oleh daratan, sehingga penduduknya tak seberuntung seperti kabupaten lainnya yang memiliki destinasi wisata pantai yang eksotis. 

Namun letak geografis Inhu yang sebagian wilayahnya masuk ke dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Dan ini membuat kabupaten Inhu memiliki pemandangan alam yang indah. 

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau terus berupaya meningkatkan destinasi wisata yang ada di daerah ini. Dan berbagai cara dilakukan agar sektor pariwisata menjadi daya tarik dan menjadi tempat unggulan bagi Negeri Gerbang Sari tersebut. 

Ada banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan para pengunjung saat berada di Kabupaten Inhu. Baik itu objek wisata alam maupun wisata religi. Ditambah lagi, penduduk yang ramah juga mampu menjadi salah satu daya tarik berwisata ke daerah ini.

Dan terkait bidang pariwisata, Pemkab Inhu saat ini terus berupaya melakukan pembenahan dari segala sektor. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menggaet para wisatawan agar datang berkunjung ke Kabupaten Inhu, baik itu wisatawan lokal maupun manca negara.

Sebagai daerah yang terletak di jalur Lintas Timur yang mudah untuk dijangkau. Kabupaten Inhu memang layak untuk dikunjungi sebagai tempat berwisata, baik itu berwisata alam maupun wisata sejarah dan budaya.

Ada banyak tempat destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Indragiri Hulu ini. Yuk kita simak tempat wisata apa saja yang bisa dinikmati pengunjung saat datang ke kabupaten Indragiri Hulu.


1. Kabupaten Inhu memiliki Danau Raja yang indah yang berlokasi di Kecamatan Rengat Ibukota Kabupaten Inhu. Bukan sekedar indah untuk dikunjungi, danau tersebut juga merupakan objek wisata yang memiliki banyak sejarah dibaliknya.

Konon, menurut para sejarawan daerah itu, ketika Kerajaan Indragiri masih berjaya, Danau Raja merupakan tempat pemandian para raja yang berdaulat saat itu, sehingga diberi nama Danau Raja.

Tak hanya wisata sejarah, pengunjung yang datang juga akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis lainnya. Wahana permainan air juga menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bahkan, bagi pengunjung yang memilik hobi memancing, bisa memancing sepuasnya.


2. Replika Istana Indragiri. Setelah puas bermain dan menikmati keindahan danau, pengunjung juga bisa langsung mengunjungi Replika Istana Indragiri yang letaknya berada di seberang Danau Raja. Disana, pengunjung bisa melihat langsung indahnya arsitektur istana Kerajaan Indragiri tersebut.

Penunjung juga dapat berfoto dengan background pemandangan danau dan replika istana. Dua tempat wisata yang berada di pusat ibukota Kabupaten Inhu ini memang benar-benar pas untuk mengisi liburan akhir pekan para pengunjung.


3. Beralih ke Kecamatan Rengat Barat. Di Rengat Barat tepatnya di Desa Kota Lama juga ada Danau Meduyan dan makam para raja Kerajaan Indragiri.

Di Danau Meduyan, selain akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya, pengunjung juga bisa bersantai sambil memancing. Ada banyak ikan air tawar yang hidup di danau itu, seperti baung, patin, nila, gabus, lele, pelompong, selais, bahkan banyak lainnya.

Bersebelahan dengan Danau Meduyan, pengunjung bisa langsung melakukan wisata sejarah ke komplek pemakaman Raja-raja Indragiri.

Di makam itu, pengunjung akan mengetahui siapa-siapa saya Raja Indragiri yang pernah memimpin di kerajaan tertua di Riau itu. Salah satunya Raja Narasinga II yang juga seorang putra mahkota dari kerajaan Malaka.

Hingga saat ini, komplek makam tersebut merupakan objek wisata yang menjadi saksi besar dan nyata bahwa pernah berdirinya Kerajaan Indragiri yang memiliki hubungan kuat dan sakral Nusantara dengan kerajaan Malaka.


4. Beranjak ke Kecamatan Batang Gangsal. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) merupakan objek wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata alam yang berlokasi di perbatasan Provinsi Jambi dan Riau itu memiliki ekosistem yang unik.

Hutannya ditumbuhi banyak jenis tumbuhan hutan rawa dan hutan pegunungan. Bagi pengunjung atau wisatawan yang hobi berpetualang, sangat tepat berkunjung ke areal TNBT ini. 

Selain banyak lokasi alam hutan dengan beragam pepohonan yang menarik, juga dihiasi dengan Air Terjun Kembar dan kolam pemandian didekatnya.


5. Masih di wilayah TNBT, ada banyak air terjun lainnya lagi, seperti Air Terjun Denalo, Air Terjun Sultan Limbayang, Air Terjun Tualang yang berada di Desa Rantau Langsat.

Air Terjun Denalo, adalah salah satu air terjun cantik yang dimiliki oleh Inhu. Letak dari Air Terjun Denalo sendiri berada di dalam TNBT, jadi jangan heran kalau suasana di air terjun ini masih sunyi, karena memang letaknya yang berada di tengah-tengah hutan. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun letaknya yang cukup tersembunyi membuat air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. Cocok bagi kamu yang ingin bermain air dan bahkan kegiatan berkemah.

Dilokasi kegiatan berkemah, tepatnya diseputaran camp granit menjelang memasuki kawasan TNBT, terdapat aliran air sungai Gangsal nan jernih. Disini dapat dimanfaatkan untuk bermain sampan dan rakit. Selain itu, pengunjung juga bisa memancing dengan ikan selais dan baung.


6. Beralih ke Desa Pejangki Kecamatan Batang Cenaku. Disana pengunjung dapat melihat langsung lima air terjun yang berjejer. Dan objek wisata ini diberi nama oleh masyarakat Air Terjun Tembulun Kinutan. 

Air Terjun Tembulun, lokasinya berada di Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku. Air terjun ini bisa dibilang sebagai destinasi wisata baru di Inhu, oleh sebab itu banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk berenang-renang bersama keluarga dan teman. Air terjunnya tidak tinggi akan tetapi terdapat kolam-kolam untuk tempat berenang dan bahkan aliran airnya yang banyak terdapat bebatuan membuat tempat ini terlihat sangat alami.

Tiap tahunnya, pemerintah Kabupaten Inhu terus mengadakan festival di Tembulun ini. Hal inilah yang menjadikan tempat ini tujuan wisata banyak masyarakat. 

Tak jauh dari Air Terjun Tembulun, juga ada kawah unik nan cantik. Dinamakan Kawah Biru karena memang air di danau ini memiliki warna kebiru-biruan jika terkena cahaya matahari. Meskipun cantik, namun tak banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Tidak itu saja, di Kecamatan Batang Gangsal tersebut juga terdapat peninggalan pra sejarah megalithikum berupa dolmen. Dolmen merupakan bangunan megalithik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi. Masyarakat setempat menyebut Dolmen itu adalah sebagai pelinggih roh atau tempat sesaji pada saat upacara adat.

Jadi buat anda yang tertarik dengan semua objek wisata itu, silahkan datang langsung ke Kabupaten Indragiri Hulu. Namun, sebelum pulang ke daerah masing-masing, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Inhu, diantaranya Dodol Kedondong, Rating Ubi Kayu, Reginang Ubi Kayu, Keripik Pisang, Keripik Bawang, dan Bolu Berendam. **

 





Loading...