Monday, 29 Apr 2024

Jai Jai Raok, Destinasi Wisata Alternatif Ala Pantai di Kuantan Singingi

news24xx


Dok Instagram.Dok Instagram.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, Kuantan Sengingi - Tidak jauh dari pusat ibukota kabupaten Kuantan Sengingi, Provinsi Riau, terdapat destinasi wisata ala pantai yang cukup menarik. Hamparan pasir dan pohon kelapa disekitar membuat daerah ini mirip dengan pantai pada umumnya.

Lokasi ini sebenarnya adalah tepian sungai Batang Kuantan. Atau tepat lokasinya berada di desa Padang Tanggung kecamatan Pangean. Tempat ini sudah beroperasi terbuka bagi masyarakat sejak beberapa tahun belakang. Tapi mulai dikenal masyarakat luas pada pertengahan tahun 2020. Jalan yang ditempuh tidaklah sulit, karena sudah beraspal.

Untuk mencapai lokasi ini, dari pusat kota Teluk Kuantan atau Tepian Narosa tempat berlangsungnya perlombaan internasional pacu jalur, dapat ditempuh 23 kilometer atau sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi ke arah kota Air Molek. 

Di lokasi ini, para traveler dapat menikmati hamparan pasir dan bentangan rumput hijau dibawah pohon kelapa yang berjejer. 

Dan pada tahun 2021, objek wisata ini menjadi daerah alternatif untuk dikunjungi guna mengisi hari libur akhir pekan. 

Tapi, hampir setiap hari, daerah ini juga banyak dikunjungi masyarakat setempat. 

Travelers bisa menikmati pasir nan halus yang menghampar disepanjang tepian sungai Batang Kuantan. Dan ditambah dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi dapat memberi ketenangan tersendiri.

Selain hamparan pasir putih yang dijadikan pengunjung sebagai spot untuk ber-swafoto, diarea itu juga tersedia tempat untuk bermain anak-anak.

Selain itu juga, hilir mudiknya perahu dan pompong (kapal) dapat menjadi daya tarik tersendiri. Travelers dapat memanfaatkan perahu untuk melintasi sungai Batang Kuantan ini. 

Begitulah suasana di Pantai Jai Jai Raok yang sudah menjadi destinasi wisata ala pantai di Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi.

Keindahan alam ini sudah menjadi buah bibir di Negeri Jalur, hingga dijadikan salah satu tujuan liburan dikala akhir pekan.

Keberadaan Pantai Jai Jai Raok dikelola oleh BUMDes  Rajo Bujang dan mendapat dukungan penuh dari pihak Pemerintah Kecamatan Pangean. Dengan adanya Pantai Jai Jai Raok ini dapat memperbaiki perekonomian di desa setempat. Tentu, konsepya tetap mengedepankan nilai dan norma adat setempat. Dan pada saat pandemi saat ini, para travelers yang datang berkunjung disarankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan dari sampah plastik dan lainnya. []

 





Loading...