Thursday, 02 Feb 2023

Apakah Vitiligo Bisa Sembuh dengan Sendirinya? Ini Penjelasannya

news24xx


Apakah Vitiligo Bisa Sembuh dengan Sendirinya? Ini PenjelasannyaApakah Vitiligo Bisa Sembuh dengan Sendirinya? Ini Penjelasannya
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Vitiligo adalah hilangnya pigmen kulit. Kondisi ini dialami oleh 1 persen penduduk global. Lantas, apakah vitiligo bisa sembuh dengan sendirinya? 

Ketika pigmen kulit hilang dengan sendirinya di area tertentu.

Hilangnya pigmen ini disebut makula, yang luasnya enggak lebih dari 1 sentimeter. Tetapi ada pula yang lebih luas dari ukuran tersebut. Bahkan, rambut berwarna gelap menjadi putih atau silver juga bisa karena vitiligo. 

zxc1

Vitiligo terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang melanosit. Melanosit ialah sel kulit yang memproduksi melanin, kimia alami kulit yang memberi warna kulit atau pigmentasi. Hilangnya pigmen ini, umumnya dialami pria dan perempuan pada usia berapapun. Tetapi paling kerap dialami sebelum usia 30 tahun terutama bagi seseorang dengan warna kulit lebih gelap. Selain itu, orang dengan anemia, diabetes, lupus, psoriasis, rheumatoid arthritis, dan penyakit tiroid. 

Vitiligo biasanya dimulai dengan beberapa makula atau bercak putih kecil yang secara bertahap dapat menyebar ke seluruh tubuh Anda. Vitiligo biasanya dimulai di tangan, lengan bawah, kaki, dan wajah, tetapi dapat berkembang di bagian tubuh mana pun, termasuk selaput lendir (lapisan lembab di mulut, hidung, alat kelamin, dan area dubur), mata, dan telinga bagian dalam.

zxc2

Terkadang, tambalan yang lebih besar terus melebar dan menyebar, tetapi biasanya tetap di tempat yang sama selama bertahun-tahun. Lokasi makula yang lebih kecil bergeser dan berubah seiring waktu, karena area kulit tertentu kehilangan dan mendapatkan kembali pigmennya.

Jumlah kulit yang terkena bervariasi untuk setiap orang yang didiagnosis dengan vitiligo. Beberapa orang mengalami beberapa area depigmentasi, sementara yang lain kehilangan warna kulit secara luas. Terdapat enam jenis vitiligo berdasarkan persebaran dan luasnya, di antaranya, sebagai berikut.

1. Segmental: Jenis ini hanya memengaruhi satu sisi tubuh Anda atau satu area, seperti tangan atau wajah Anda.

2. Mukosa: Vitiligo mukosa memengaruhi selaput lendir mulut dan/atau alat kelamin Anda.

3. Fokal: Vitiligo fokal adalah jenis langka di mana makula berkembang di area kecil dan tidak menyebar dalam pola tertentu dalam satu hingga dua tahun.

4. Trikoma: Jenis ini menyebabkan bullseye dengan bagian tengah berwarna putih atau tidak berwarna, kemudian area dengan pigmentasi yang lebih terang, dan area dengan warna kulit alami Anda.

5. Universal: Jenis vitiligo yang langka ini menyebabkan lebih dari 80% kulit Anda tidak memiliki pigmen.

Penting Anda ketahui, bahwa vitiligo tidak menular meski sentuhan fisik. Itu artinya tak perlu dikhawatirkan. Vitiligo juga tidak berbahaya. Vitiligo pada kategori tertentu bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan muncul lagi dan berpindah tempat. 

***





Loading...