Thursday, 02 Feb 2023

Setiap Hisapan Rokok Bisa Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit, Salah Satunya Kanker Rongga Mulut

news24xx


Setiap Hisapan Rokok Bisa Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit, Salah Satunya Kanker Rongga MulutSetiap Hisapan Rokok Bisa Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit, Salah Satunya Kanker Rongga Mulut
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok? Merokok adalah suatu kebiasaan menghisap rokok yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari bagi orang yang mengalami kecenderungan terhadap rokok. drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D ingatkan jika rokok adalah salah satu bahan adiktif dimana bisa menimbulkan ketergantungan bagi pemakainya.

Bahaya merokok bagi kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Menurut drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan berbagai bahaya.


Read More : Konsumsi Nanas Muda dan Loncat-loncat setelah Berhubungan Tidak Terjadi Kehamilan, Mitos atau Fakta?

Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Health program Healthy Talk.

Pasalnya tak hanya bagi perokok aktif, rokok juga berbahaya bagi siapapun yang menghirup asapnya atau perokok pasif.

Setiap rokok yang dihisap bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker mulut atau kanker rongga mulut.

"Sekarang juga saya lihat di Indonesia penjualan rokok sudah ada peringatan berbahaya, jadi saya berfikir kenapa orang yang masih merokok masih mau membeli rokok, sudah jelas-jelas ada peringatan disitu bahwa akan menyebabkan kanker rongga mulut, kanker paru-paru dan seterusnya," kata Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D.

Akibatnya faktor merokok masih menjadi faktor pemicu yang pertama setelah faktor genetik terhadap munculnya keganasan di dalam rongga mulut.



Read More : 6 Jenis Minuman yang Baik Dikonsumsi Selepas Berolahraga

"Untuk sariawan normal, sariawan yang tidak berpotensi keganasan itu biasanya tidak akan pernah berubah menjadi ganas," timpal Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D.

"Kecuali sariawan kategori kedua, sariawan yang dikategorikan berpotensi ganas itu bisa mengarah bisa menjadi ganas," sambung Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D.

Proses bagaimana sariawan berpotensi ganas menjadi ganas ini biasanya banyak faktornya, faktor tersebut antara lain:

1. Usia

2. Defisiensi nutrisi

3. Merokok

4. Minum alkohol

Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut, drg. Erni Marliana, Sp. PM., Ph.D menerangkan jika faktor-faktor tersebut adalah pemicu untuk faktor yang berpotensi ganas menjadi keganasan.

Namun perlu diingat jika memang ada sariawan yang muncul sejak awal di dalam rongga mulut sudah ganas.

 

***





Loading...