Monday, 03 Oct 2022

Kerangka Kalimantan Kuno menunjukkan operasi amputasi 31.000 tahun yang lalu

news24xx


Kerangka Kalimantan Kuno menunjukkan operasi amputasi 31.000 tahun yang laluKerangka Kalimantan Kuno menunjukkan operasi amputasi 31.000 tahun yang lalu
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.IDMenurut para ilmuwan, kerangka yang ditemukan di daerah terpencil Kalimantan menulis ulang sejarah pengobatan kuno dan memberikan bukti bahwa operasi amputasi berhasil dilakukan sekitar 31.000 tahun yang lalu. 

Amputasi paling awal yang diketahui, kerangka berusia 7.000 tahun yang ditemukan di Prancis, sebelumnya diperkirakan hanya terjadi di komunitas pertanian maju. 


Read More : Studi Menunjukkan Perubahan iklim dapat menciptakan hambatan dalam cara kita mengamati langit

Penemuan ini juga menyiratkan bahwa Kalimantan Timur di provinsi modern Indonesia dari zaman batu pemburu-pengumpul memiliki pengetahuan medis yang luas tentang anatomi dan perawatan luka. 

Tim Maloney, seorang peneliti di Universitas Griffith Australia dan peneliti utama proyek tersebut, mengatakan temuan itu "menulis ulang pemahaman kita tentang perkembangan pengetahuan medis ini."

Kerangka itu ditemukan pada tahun 2020 di gua besar Liang Tebo, yang terkenal dengan lukisan dinding berusia 40.000 tahun. 

Para ilmuwan dengan susah payah menggali pasir untuk menemukan kerangka menakjubkan yang terpelihara dengan baik, yang mereka lakukan saat dikelilingi oleh kelelawar, dara laut, dan burung walet dan kadang-kadang terganggu oleh kalajengking. 

Hanya satu fitur mencolok yang tidak ada: pergelangan kaki dan kaki kirinya. 

Pergelangan kaki dan kaki kemungkinan sengaja dihilangkan karena pangkal tulang kaki memiliki bentuk yang tidak biasa dengan pertumbuhan kembali yang menonjol di atas jeda yang tampak bersih.



Read More : Dokter Brasil menggunakan realitas virtual untuk memisahkan kembar siam

Jatuh, serangan hewan, atau cedera akibat remuk akan mengakibatkan patah tulang dan penyembuhan yang berbeda dari apa yang diamati pada kaki kerangka. 

Kerangka itu setidaknya berusia 31.000 tahun dan milik manusia yang meninggal pada usia sekitar 20 tahun, menurut gigi dan lumpur di sekitarnya. 

Berdasarkan pemulihan tulang kaki, mereka tampaknya selamat dari trauma amputasi yang mengerikan enam sampai sembilan tahun setelah prosedur dan tidak mengalami infeksi pasca operasi yang signifikan.  ***





Loading...