Friday, 02 Dec 2022

4 Fakta Kuburan Kapal Terbesar Bangsa Viking yang Disebut Menyimpan Banyak Rahasia

news24xx


Foto : BoombastisFoto : Boombastis
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Segala hal yang berbau dengan bangsa Viking memang sangat menarik dan diminati banyak orang. Baik itu disajikan dalam bentuk film, novel, hingga dokumenter sejarah pun selalu digemari. Hal ini bukan hanya karena kehidupan mereka yang unik, namun kejayaan mereka di masa lalu juga luar biasa.

Baru-baru ini, ditemukan lagi sebuah penemuan mengenai bangsa Viking. Sebuah kuburan dan kendaraan besar mereka yang sudah terpendam ribuan tahun lamanya dan menyimpan banyak rahasia. Lalu seperti apa sih peninggalan tersebut? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Penemuan kapal Viking terbesar dalam sejarah

Bangsa Viking memang sempat memiliki pamor besar di masa lalu dan tentu meninggalkan banyak peninggalan. Nah, salah satu peninggalan dari bangsa itu adalah makam kapal yang berukuran cukup besar yang ditemukan tahun 2020 lalu. Bagaimana tidak, diperkirakan berasal dari zaman besi sekitar 800 sampai 1050 SM, namun ukuran kapal sudah lumayan besar.


Read More : 4 Cara Mengatasi Internet Lemot di HP, Gampang Banget!

Dengan panjang 19 meter dan lebar 5 meter, kapal kayu tersebut bisa diisi hingga lima orang. Dilansir dari laman National Geographic, keberadaan makam ini sendiri berhubungan dengan pemakaman seseorang di masa lalu. Hal ini diperkuat dengan penemuan pemakaman Viking masa lalu di sekitar area tersebut.

Sebanding dengan penemuan Piramida hingga Candi

Penemuan makam kapal ini sejatinya dianggap sangat berharga bagi para peneliti. Bukan tanpa alasan, keberadaan pemakaman kapal bagi masyarakat Viking ibarat piramida bagi penduduk Mesir pada zaman dulu. Ya, tidak semua orang yang dimakamkan dengan menggunakan kapal.

Apalagi mengingat ukuran dari kapal tersebut yang lumayan besar, kemungkinan orang yang dimakamkan dengan kapal itu juga punya status sosial tinggi. Bukan hanya itu, diperkirakan juga ada harta yang juga dibawa ketika pemakaman dilakukan. Namun sayang, dalam penggalian makam kapal Viking ini, para arkelolog belum menemukan satu pun harta yang dibawanya sehingga harus dilakukan pencarian lebih lanjut.

Georadar disebut yang paling berjasa dalam penumuan ini

Ada yang menarik dalam penemuan kapal milik Viking yang terkubur ini, karena ditemukan dengan menggunakan georadar. Teknologi yang juga sering disebut sebagai radar penembus tanah (GPR) ini, sudah jauh lebih berkembang daripada dulu.

Dari gambar bumi yang dihasilkan dengan menggunakan alat ini, ditemukan sebuah gundukan mirip dengan bentuk kapal. Dan ketika diperiksa ternyata benar, ada sebuah makam kapal besar milik bangsa Viking. Hal ini sejatinya menjadi sebuah kemajuan dalam dunia arkeologi. Dan tidak menutup kemungkinan ke depannya masih ada lagi penemuan dari masa lalu yang juga akan ditemukan menggunakan georadar.

Sebelumnya juga sempat ada penemuan makam serupa

Sebelum penemuan kapal terbesar bangsa Viking ini, sempat ditemukan hal yang serupa. Meskipun ukurannya tidak begitu besar, namun dalam penemuan ini ada jasad dari sang pemiliki kapal. Di kuburan kapal itu ditemukan dua jasad dan uniknya keduanya diperkirakan meninggal di waktu yang berbeda.

Dilansir dari laman Kumparan, jasad pertama dipekirakan berasal dari abad ke-9. Nah, di bawah kuburan kapal itu barulah ditemukan jasad kedua berjenis kelamin laki-laki dan diperkirakan berasal dari abad ke-8. Karena sama-sama dikuburkan dengan sebuah kapal diperkirakan mereka dulu juga punya status sosial yang juga terpandang.

Jejak bangsa Viking rupanya tidak berhenti, banyak peninggalannya yang masih bisa ditemukan dan dipelajari. Hal ini menjadi bukti kejayaanya di masa lalu yang bukan hanya isapan jempol belaka. Segala hal baik dari mereka bisa kita ambil dan yang buruk jangan sampai dilakukan.

 





Loading...