Monday, 18 Oct 2021

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp yang Penuh Dengan Mudah

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone, WhatsApp memiliki banyak fitur yang memungkinkan penggunanya mengirim dan menyimpan banyak pesan.

Namun, jika terlalu banyak file yang disimpan ruang penyimpanan WhatsApp akan penuh. Hal itu pun dapat menghambat performa dari aplikasi, seperti pesan terlambat terkirim dan sebagainya. Oleh karenanya, pengguna harus rajin menghapus beberapa file yang tidak penting, atau gambar-gambar yang secara otomatis tersimpan di ruang penyimpanan. Tapi, Anda sebenarnya dapat mengosongkan ruang penyimpanan dengan mudah di WhatsApp.


Read More : Aplikasi Peduli Lindungi Terintegrasi Dengan 15 Aplikasi, Kementerian Kesehatan: Data Terenkripsi

Anda dapat mengelola ruang penyimpanan secara manual supaya tidak cepat penuh dan mempengaruhi performa aplikasi. Sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui cara untuk mengelola ruang penyimpanan di WhatsApp.

Pihak pengembang telah melakukan inovasi dengan membuat pengelolaan ruang penyimpanan WhatsApp. Dengan fitur tersebut pengguna tidak perlu menghapus file secara berkala karena aplikasi akan memilih beberapa file yang jarang dibuka untuk dihapus secara otomatis.

Untuk menggunakan fitur pengelola ruang penyimpanan, pengguna cukup mengupdate WhatsApp ke versi terbaru di Play Store atau Apps Store, dan ikuti langkah sebagai berikut.

Cara Mudah Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp

Seperti disebutkan sebelumnya, langkah pertama adalah mengupdate WhatsApp ke versi terbaru di perangkat Anda.  Selanjutnya, Anda dapat masuk ke aplikasi dan klik menu "Pengaturan", kemudian pilih "Penyimpanan & Data". Pilih "Kelola Penyimpanan" di aplikasi WhatsApp.



Read More : Empat Hujan Meteor Akan Terlihat Sepanjang Bulan Oktober, Dimulai Dari Draconid

Pengguna akan melihat penyimpanan yang digunakan oleh media dan obrolan di WhatsApp. Anda dapat menghapus file yang tidak diinginkan terutama gambar dan video yang berasal dari "Percakapan Grup" yang secara otomatis di download.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus beberapa file yang dianggap tidak penting secara manual. Anda dapat masuk ke aplikasi WhatsApp dan menghapus beberapa dokumen gambar atau video.

Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur download otomatis media yang terkirim di WhatsApp supaya ruang penyimpanan tidak cepat penuh. Hal ini dikarenakan gambar yang tersimpan secara otomatis, menjadi salah satu sebab memori cepat penuh.

Dengan menonaktifkan download media otomatis, WhatsApp hanya akan menyimpan file-file yang telah disetujui oleh pengguna untuk disimpan di ruang penyimpanan.

Sementara file-file baru yang dikirim ke akun pengguna, tidak akan didownload secara otomatis. Hal itu akan membuat ruang penyimpanan WhatsApp Anda tidak cepat penuh.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruang penyimpanan WhatsApp Anda tidak cepat penuh. Pengguna dapat melakukan perawatan penyimpanan secara berkala supaya performa aplikasi WhatsApp Anda tidak terhambat.





Loading...