Monday, 20 Sep 2021

Benarkah Sakit Leher dan Disfungsi Ereksi Merupakan Gejala Kolesterol Tinggi?

news24xx


Foto : MstarFoto : Mstar
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - KOLESTEROL tinggi atau hiperlipidemia meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit serius lainnya. Tapi bagaimana mengenali gejala kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar lipid atau lemak dalam darah meningkat. Tingginya kadar lemak jahat atau LDL akan menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah, menghalangi aliran darah ke arteri. Kolesterol tinggi jika tidak diobati dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular hingga risiko stroke.

Dokter dr. Borries Foresto Buharman menjelaskan sebenarnya tidak ada gejala khusus dari kolesterol tinggi dan biasanya dilakukan tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol seseorang.


Read More : 5 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menenangkan Diri saat Marah

Kolesterol tinggi menyebabkan pembuluh darah tersumbat.

“Umumnya jika terjadi peningkatan kadar lipid, gejala umum biasanya hampir tidak ada tapi yang bisa kita lihat adalah gejala penyakit yang mungkin timbul akibat kadar lipid yang tinggi,” katanya kepada CNN.

Beberapa gejala yang sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi adalah nyeri di leher, kelelahan dan nyeri di dada. Padahal sebenarnya gejala-gejala tersebut merupakan tanda adanya penyakit serius lain yang mungkin terjadi akibat peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

dr. Borries mengatakan nyeri dada, nyeri leher, atau kelelahan sebenarnya adalah tanda-tanda nyeri terkait jantung, obesitas, atau tekanan darah tinggi.



Read More : Kemenkes: Waspada Varian Baru COVID-19 C.1.2 yang Menyerang Siapa Pun

Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi pada pria juga disebut-sebut sebagai gejala kolesterol tinggi, tetapi juga merupakan pertanda masalah lain akibat kadar kolesterol tinggi. dr. Borries mengatakan kondisi tersebut terjadi ketika pembuluh darah tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menyalurkan darah ke penis dan membuatnya tegang.

Ada berbagai macam penyebab tersumbatnya pembuluh darah di bagian tersebut dan salah satunya adalah kolesterol tinggi. “Beberapa masalah yang bisa terjadi dan penyebab disfungsi ereksi antara lain hiperkolesterol dan hipertensi yang tidak disadari. Bisa mempengaruhi penis karena pembuluh darah di bagian itu paling kecil dan akan lebih cepat menerima efeknya dibanding bagian lain," katanya.





Loading...