Tuesday, 23 Apr 2024

5 Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Usia 40 Tahun Ke Atas

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hal yang tidak bisa ditunda dan dihindari adalah usia. Meski sudah tua, tetap saja olahraga itu baik dilakukan. Saat Anda memasuki usia 40 tahun atau lebih dari usia tersebut, maka berikut ini adalah rekomendasi jenis olahraga yang tepat.

Mengapa perlu memilih olahraga yang sesuai dengan usia?

Holy Perkins, pelatih pribadi dan penulis Lift to Get Lean, mengatakan bahwa tubuh mulai menurun setelah sekitar usia 30 tahun. Semakin tua Anda, semakin signifikan penurunannya.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Natalie Gill in Fit After 40 merekomendasikan sejumlah latihan agar Anda tetap bugar. Dengan berolahraga, tubuh juga terlihat lebih bugar dan memperlambat penurunan fungsi akibat usia. Olahraga apa yang bisa Anda lakukan secara teratur?

Berikut daftarnya.

Latihan kardiovaskular

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey, hampir 1 persen wanita di Amerika berusia antara 20-39 tahun menderita penyakit jantung koroner. Pada usia 40-59 tahun jumlah penderita meningkat hampir 10 kali lipat.

Maka untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan olahraga kardio. Jenis latihan ini sangat bagus untuk memompa jantung dan menjaga otot jantung tetap kuat, kata Perkins.

Untuk efek maksimal, Anda perlu berolahraga pada 80 persen detak jantung maksimum Anda selama 30 menit 4 kali seminggu. Kardio termasuk jalan kaki, zumba, jogging, jalan cepat, dan bersepeda.

Tenis

Selain tenis, Anda juga bisa melakukan jump jack untuk mengurangi risiko osteoporosis. Karena menurut data yang disampaikan oleh National Osteoporosis Foundation, sekitar 1 dari 2 wanita di atas usia 50 tahun mengalami patah tulang akibat osteoporosis.

Seiring bertambahnya usia, tulang Anda menjadi lebih rapuh. Latihan beban juga dapat memperkuat kekuatan tulang.



Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

Latihan kekuatan

Jenis olahraga yang melatih kekuatan tulang adalah squat, deadlift, dan overhead press. Menurut rekomendasi Perkins, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk angkat besi. Jenis-jenis olahraga yang disebutkan di atas lebih efektif dalam mengurangi risiko radang sendi atau arthritis.

Yoga

Yoga adalah olahraga yang bisa melawan kecemasan dan depresi. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat yoga, seperti salah satunya yoga dapat meningkatkan neurotransmiter pengatur suasana hati.

Bahkan yoga dengan gerakan tertentu diklasifikasikan sebagai latihan kekuatan menahan beban dan pengkondisian kardiovaskular.

Plank

Gerakan olahraga yang disebut plank bisa mengobati sakit punggung. Cobalah melakukannya selama 90 kali 3 kali seminggu. Plank, menurut Perkins, juga merupakan gerakan yang bagus untuk melatih seluruh otot inti tubuh. Tidak hanya melatih otot perut, tetapi juga otot dada dan tulang belakang.





Loading...