Thursday, 13 May 2021

Vitamin Apa yang Anda Butuhkan Agar Tetap Fit Untuk Berpuasa? Berikut Daftarnya

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Berdasarkan studi ilmiah, puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Agar puasa Ramadhan Anda lunas sampai akhir, tubuh Anda perlu tetap fit. Oleh karena itu, diperlukan dukungan vitamin untuk membantu tubuh Anda tetap sehat, bugar, dan sehat saat berpuasa.

Dilansir dari Bulletproof, Senin 12 April, puasa bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan protein. Cara kerjanya membuat tubuh membakar lemak dengan lebih efektif. Tapi semua harus dilakukan dengan hati-hati. Karena dalam membakar lemak, tubuh membutuhkan energi.

Puasa sangat bermanfaat untuk memperbaiki mekanisme tubuh selain menjalankan ibadah sesuai syariah. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan jumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti di bawah ini.


Read More : Sulit Tidur? Mungkin 4 Hal Ini yang Menjadi Penyebabnya

Vitamin yang larut dalam air
Saat perut kosong, vitamin yang larut dalam air seperti vitamin A akan lebih mudah diserap tubuh. Sedangkan vitamin B sering membuat mual jika dikonsumsi tanpa makanan. Karena itu, Anda bisa mengonsumsi kedua vitamin ini saat sahur.

Seng
Vitamin atau nutrisi yang mengandung zinc bisa didapatkan dari asupan makanan. Asupan makanan yang mengandung zinc antara lain kacang-kacangan, jamur, ayam, daging sapi, dan biji gandum.

Vitamin C dan zinc berfungsi untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Selain itu, kedua vitamin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.

Omega 3
Omega-3 berguna untuk menurunkan kolesterol dan membuat insulin pengatur gula darah bekerja secara efektif. Selain itu, omega-3 juga menjaga pH tubuh agar tidak mudah terkena penyakit akibat bakteri dan virus.

Magnesium
Dalam satu tablet multivitamin umumnya mengandung mineral seperti magnesium. Juga termasuk seng, selenium, kalsium, dan fosfor. Bermanfaat, mineral dapat menjaga mekanisme tubuh tetap pada aturan.



Read More : Selaput Dara, Antara Mitos dan Fakta, Berikut Hal Penting yang Harus Diketahui Jika Tidak Ingin Terjerumus ke Dalam Fitnah

Besi
Karena jumlah cairan akan berkurang saat puasa, efeknya bisa menurunkan tekanan darah Anda. Untuk mencegah tubuh agar tidak lemas dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa saat berpuasa, maka Anda perlu mengonsumsi vitamin yang mengandung zat besi.

Dari kelima rekomendasi vitamin di atas, terdapat kebutuhan akan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak termasuk vitamin K, E, D, dan A. Kapan harus meminumnya? Karena larut dalam lemak, paling tepat dikonsumsi setelah berbuka puasa agar fungsi masing-masing vitamin lebih maksimal.





Loading...