Monday, 20 Sep 2021

Air Terjun Tansi Ampek dengan 4 Tingkatan di Dekat Perkebunan Teh

news24xx


Air terjun Tansi Ampek di kabupaten Solok Selatan.Air terjun Tansi Ampek di kabupaten Solok Selatan.
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Di kabupaten Solok Selatan, terdapat sebuah air terjun dengan empat tingkatan. Air terjun ini ini memiliki 4 tingkatan, yaitu Tansi satu, Tansi dua (duo), Tansi tiga (tigo) dan Tansi empat (ampek). Tansi tiga dan empat letaknya berdekatan dan menyajikan pemandangan alam yang sungguh sangat indah. Dan karena ada 4 tingkatan inilah dinamai dengan air terjun Tansi Ampek. 

Air terjun Tansi Ampek terletak di Kabupaten Solok Selatan yang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Barat.

Solok Selatan adalah kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari kabupaten Solok. Solok Selatan dikenal dengan alamnya yang asri dan indah dengan banyak hamparan perkebunan teh. 

Air terjun Tansi Ampek tepatnya terletak di daerah Sungai Lambai di area perkebunan Mitra Kerinci yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Muaro Labuah atau 5 Km dari Padang Aro. Tepatnya di Kenagarian Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Pemandangan keindahan alam di air terjun ini sungguh sangat memanjakan mata. Suasananya yang sejuk dan alami akan membuat pengunjung betah berlama-lama di area ini. 

Untuk airnya, sangat jernih, tapi pengunjung mesti kuat menahan dinginnya air dalam berenang di kolam yang terdapat di bawah air terjun.

Objek wisata yang satu ini sebenarnya sudah dikenal masyarakat sejak dahulu. Bahkan masyarakat di Solok Selatan kerap mengunjungi lokasi ini. 

Di media sosial, keindahan air terjun Tansi Ampek ini juga telah dipromosikan, bahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga pernah mencapainya dan mengajak komunitas fotografi untuk mempromosikan air terjun ini. 

Kondisi Air yang jernih dan didukung udaranya yang sejuk serta pemandangan yang masih asri dan indah, membuat Air Terjun Tansi Ampek sangat direkomendasikan dan layak untuk dikunjungi oleh keluarga 


Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Tansi Ampek

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Sumatera Barat atau dari luar Pulau Sumatera, Anda bisa menyewa travel yang beralamat di Padang sebelum berangkat dari daearah asal Anda, nanti setelah turun bus antar provinsi atau turun pesawat, Anda bisa segera minta dijemput oleh travel pesanan Anda dan segera menuju ke Solok Selatan dengan menempuh perjalanan yang cukup panjang, yakni sekitar 158 km dari kota Padang, Sumatera Barat.

Untuk menuju kelokasi Air Terjun Tansi Ampek pertama-tama kita harus melewati perkebunan teh milik Mitra Kerinci. Di sini pemandangan indah terlihat dengan luasnya hamparan perkebunan teh. Setelah itu ada jalan setapak yang terbuat dari tanah dan bebatuan, jalan ini adalah jalan yang biasa digunakan oleh para pekerja di Mitra Kerinci.

Sekitar 15 menit perjalanan, Anda akan menemui tulisan Air Terjun Tansi Ampek sebagai gerbang pintu masuk lokasi air terjun. Dan dari sini bisa terdengar suara jatuhnya air yang berasal dari air terjun.

Sesampainya dilokasi air terjun, selain menikmati pemandangan alam, Anda juga dapat berenang-renang di kolam air yang ada.

Disarankan, Anda dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan mencorat-coret. []

 





Loading...