Friday, 26 Apr 2024

Setelah Diprotes Massal Pengguna, WhatsApp Lakukan Ini Untuk Fitur Terbarunya

news24xx


Ilustrasi.Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - WhatsApp Facebook Inc akhirnya menunda pembaruan terbarunya yang bertujuan untuk meningkatkan transaksi bisnis di platform tersebut.

Penundaan itu disebabkan setelah berbagai protes dari pengguna yang khawatir bahwa platform perpesanan itu akan kebijakan privasi terbaru dalam prosesnya.

Pengguna WhatsApp menerima pemberitahuan bulan ini bahwa mereka sedang mempersiapkan kebijakan dan ketentuan privasi baru, dan berhak membagikan beberapa data pengguna dengan aplikasi Facebook.

Hal itu sontak memicu protes global, dan serbuan pengguna baru untuk pindah ke aplikasi perpesanan pribadi pesaing lainnya, termasuk Telegram dan Signal.

WhatsApp pada hari Jumat (15/1/2021) kemarin mengatakan menunda peluncuran kebijakan baru hingga Mei mulai Februari, bahwa pembaruan difokuskan pada memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan bisnis, dan bahwa pembaruan tidak memengaruhi percakapan pribadi, yang akan terus memiliki enkripsi ujung ke ujung. 

"Pembaruan ini tidak memperluas kemampuan kami untuk berbagi data dengan Facebook," ujar pihak WhatsApp, seperti dikutip news24coid dari Reuters, pada Sabtu (16/1/2021).

Pihak WhatsApp juga mengatakan akan mengkaji ulang mengenai target dari fitur bisnis di WhatsApp, karena tidak semua pengguna menggunakan fitur tersebut.

"Meskipun tidak semua orang berbelanja dengan bisnis di WhatsApp saat ini, kami pikir lebih banyak orang akan memilih untuk melakukannya di masa depan dan penting bagi orang-orang untuk mengetahui layanan ini," sebutnya.

Selain itu, Facebook telah meluncurkan alat bisnis di WhatsApp selama setahun terakhir, karena bergerak untuk meningkatkan pendapatan dari unit yang tumbuh lebih tinggi, seperti WhatsApp dan Instagram sambil merajut infrastruktur e-commerce di seluruh perusahaan.

Facebook mengakuisisi WhatsApp seharga 19 miliar dolar AS pada tahun 2014 tetapi lambat dalam menghasilkan uang.

Aplikasi Facebook dinilai sudah membagikan kategori data pribadi tertentu, termasuk nomor telepon dan alamat IP pengguna.

"Kami tidak menyimpan catatan tentang siapa yang mengirim pesan atau menelepon setiap orang. Kami juga tidak dapat melihat lokasi yang Anda bagikan dan kami tidak membagikan kontak Anda dengan Facebook," sebutnya.

WhatsApp mengatakan pada bulan Oktober bahwa mereka akan mulai menawarkan pembelian dalam aplikasi melalui Toko Facebook dan akan menawarkan perusahaan yang menggunakan alat perpesanan layanan pelanggannya kemampuan untuk menyimpan pesan-pesan tersebut di server Facebook.

WhatsApp juga mengatakan pada saat itu bahwa obrolan dengan bisnis menggunakan layanan hosting baru tidak akan dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung aplikasi. []





Loading...