Friday, 05 Jun 2020

Jangan Panik Kehabisan Masker, Ini Tips Dari Ilmuwan Untuk Cara Bikinnya Sendiri di Rumah

news24xx


Postingan di media sosial.Postingan di media sosial.

NEWS24.CO.ID -Masker menjadi barang kebutuhan untuk menangkal penyebaran virus corona. Sejak diinformasikan ada warga negara Indonesia yang terdampak, masker hidung dan mulut menjadi barang yang langka, termasuk di Indonesia. Untuk saat ini masker yang dijual dengan harga normal juga cukup sulit.

Jika benar-benar butuh masker yang hampir sesuai dengan standar, terlebih memang sedang sakit, Anda bisa membuatnya sendiri. 

Dalam informasi yang dirangkum news24.co.id, ilmuwan Hongkong membagi tips cara bikin masker dari alat-alat yang mudah ditemukan di rumah. Mereka membagikan cara membuat DIY masker melalui YouTube beberapa waktu lalu. Cara yang diberikan mereka pun cukup mudah, murah, dan efektif.

Ketiga ilmuwan tersebut merupakan Profesor Alvin Lai, dokter Joe Fan, dan dokter Iris Li dari Universitas Rumah Sakit Hong Kong-Shenzhen. 

Untuk membuat masker DIY, beberapa item-item di rumah yang bisa digunakan, seperti tisu dapur yang berbahan tebal, tisu, karet atau benang, alat pembolong kertas, selotip kertas, gunting, kawat baja yang dilapisi plastik (bisa menggunakan kawat untuk menggulung headphone), kacamata, dan folder kertas plastik, dan klip.

Berikut ini cara membuat masker sendiri di rumah dan persiapan yang harus dilakukan:

1. Cucilah tangan dengan bersih dengan sabun dan bersihkan juga barang-barang yang akan digunakan.

2. Potong selembar tisu dapur yang bersih lalu tidur di meja.

3. Ambil selembar tisu biasa kemudian tumpuk di atas tisu yang lebih keras sebelumnya.

4. Selanjutnya potong tumpukan tisu tersebut menjadi dua.

5. Gunakan selotip kertas untuk menempelkan kedua sisinya.

6. Buat dua lubang di bagian berselotip tersebut untuk menaruh tali.

7. Kemudian ambil kawat plastik untuk ditaruh di bagian atas dan tutup dengan selotip. Kawat ini berguna untuk bagian hidung.

8. Masukkan benang atau karet di setiap sisi yang dilubangi.

Untuk perlindungan ekstra lainnya, Anda juga bisa membuat penutup mata dan wajah dari folder plastik. Caranya adalah dengan memotong plastik tersebut menjadi satu bagian dan lekatkan pada kacamata menggunakan klip untuk menutupi bagian depan wajah. Selamat mencoba!

 





Loading...