Friday, 05 Jun 2020

Konsumsi Minuman Tradisional, Salah Satu Cara Menangkal Masuknya Virus

news24xx


Mengkonsumsi minuman herbal dengan rutin disebutkan bisa menangkal penyebaran virus dalam tubuh.Mengkonsumsi minuman herbal dengan rutin disebutkan bisa menangkal penyebaran virus dalam tubuh.

NEWS24.CO.ID -Presiden Joko Widodo menyatakan dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona atau covid-19. Saat ini dua WNI yang bertempat tinggal di Depok tersebut telah diisolasi di ruang khusus di RSPI Sulianti Saroso. Tindakan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pasien positif tidak berkontak dengan orang lain.

Disebutkan seorang ibu (64) dan putrinya (31) itu terinfeksi setelah berkontak dengan seorang warga negara Jepang yang positif virus corona.

Di tengah kondisi demikian, rasa panik atau bingung acapkali mampir. Akan tetapi jangan sampai kecemasan tersebut menepikan akal sehat dan kewaspadaan. Persiapkan diri Anda dengan melakukan sejumlah langkah pencegahan.

Dikutip news24.co.id dari penjelasan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pencegahan penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan mengurangi aktivitas sehari-hari. Berkontak langsung ditempat keramaian seperti sekolah, tempat kerja, rumah sakit, pusat perbelanjaan, tempat nongkrong dan lainnya. 

Salah seorang guru besar Universitas Airlangga Prof Mangestuti Agil, pada Senin (2/3/2020), mengajak masyarakat kembali mengkonsumsi empon-empon untuk mencegah terjangkitnya virus tersebut.

"Memperkuat sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai virus. Kunyit misalnya. Rempah yang satu ini memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh," kata Prof Mangestuti Agil, dari laman news24 (2/3).

Dilanjutkannya, jahe yang juga berkhasiat tinggi sebagai pengganti bahan racikan minuman dari bahan kunyit.
"Sejak dulu, empon-empon menjadi bagian dari Indonesia. Masalahnya belum banyak masyarakat kita yang menaruh perhatian. Meski di era sekarang semua kasiat sudah teruji, diperlukan perhatian kita untuk kembali mengoptimalkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita. Sebagai pengganti ada juga minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan untuk menguatkan kekebalan tubuh. Tapi minumannya yang sudah terdaftar, karena saat ini banyak macam dan jenisnya dan memiliki efek samping," jelasnya.

Dengan adanya virus Corona yang masuk ke Indonesia, pihaknya ingin kembali renungkan cara hidup sehat yang sudah diwariskan oleh pendahulu. Bahan alam itu akan selalu lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh, asalkan semua dikonsumi dengan teratur dan rutin.





Loading...