Friday, 19 Apr 2024

Pria Muslim Terbunuh Dalam Dugaan Hukuman Mati Tanpa Pengadilan di India

news24xx


IlustrasiIlustrasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Polisi India mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka sedang menyelidiki kasus baru yang dicurigai tentang seorang pria Muslim yang dibunuh oleh orang-orang yang disebut sebagai penjaga sapi Hindu. Sapi dipuja oleh umat Hindu dan menurut Human Rights Watch sekitar 44 orang tewas dalam kekerasan terkait sapi oleh warga Hindu antara Mei 2015 dan Desember tahun lalu.

Polisi mengatakan bahwa sekelompok pria Muslim yang mengangkut kuda terlibat dalam pertengkaran di daerah pegunungan terpencil di Kashmir sebelum subuh.

Nayeem Ahmed Shah, yang diperkirakan berusia 50 tahun, ditembak di kepala dan meninggal di tempat, kata polisi, sementara seorang pria lain Yasin Hussain yang menemaninya terluka. Para penyerang melarikan diri dari tempat kejadian setelah penembakan itu, kata Hussain kepada wartawan.

"Kami sedang menyelidiki sudut vigilantisme sapi," inspektur jenderal kepolisian untuk wilayah tersebut, M K Sinha mengatakan kepada AFP, menambahkan tujuh tersangka ditahan untuk diinterogasi.

Penduduk setempat yang marah, yang mengatakan penembakan itu dilakukan oleh warga Hindu, memprotes dan melemparkan batu ke arah polisi dan merusak beberapa kendaraan, menuntut para penyerang diserahkan kepada mereka.

Polisi menembakkan gas air mata sebelum pihak berwenang memberlakukan jam malam di daerah itu dan mengerahkan ratusan personel pasukan pemerintah untuk mencegah bentrokan agama dan kekerasan menyebar.

Orang Hindu menganggap sapi suci dan pembantaian mereka dilarang di banyak wilayah India, termasuk negara bagian Jammu dan Kashmir yang mayoritas penduduknya Muslim.

Tetapi daging sapi secara terbuka dijual di banyak bagian negara di mana kebencian terhadap pemerintahan India tersebar luas.

Para kritikus mengatakan bahwa para ekstrimis telah digalakkan oleh nasionalis Hindu Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa secara nasional pada tahun 2014 di bawah Perdana Menteri Narendra Modi.

Pada tahun 2017 pemerintahnya berusaha untuk melarang perdagangan ternak untuk disembelih secara nasional, hanya untuk itu ditolak oleh Mahkamah Agung.

Modi, 68, sedang mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan yang berakhir pada hari Minggu dengan hasil yang dijadwalkan empat hari kemudian.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV 





Loading...