Monday, 24 Jun 2024

Ini Lho 2 RS Indonesia Yang Masuk Daftar Terbaik se Asia Pasifik Versi Newsweek

news24xx


Ini Lho 2 RS Indonesia Yang Masuk Daftar Terbaik se Asia Pasifik Versi NewsweekIni Lho 2 RS Indonesia Yang Masuk Daftar Terbaik se Asia Pasifik Versi Newsweek
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Dua rumah sakit di bawah naungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yaitu Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker (RSK) Dharmais dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, berhasil masuk dalam daftar rumah sakit khusus terbaik di kawasan Asia Pasifik. Prestasi ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Newsweek, salah satu perusahaan media global terkemuka.

Kedua rumah sakit terbaik tersebut adalah RSK Dharmais yang menempati peringkat ke-78 dalam bidang onkologi, sementara RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menduduki peringkat ke-64 dalam bidang ortopedi. 

Juru Bicara Kemenkes, dr. M Syahril, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. Menurutnya, apa yang diterima oleh kedua rumah sakit merupakan bukti nyata pengampuan layanan rujukan yang ada. 

"Mudah-mudahan ini juga dapat menjadi penyemangat bagi rumah sakit vertikal lainnya untuk terus meningkatkan kapasitasnya sebagai pengampu nasional," harapnya dilansir dari laman resmi Kemenkes.

Baca juga : WSBP Pastikan Bisnis Dan Operasional Tetap Jalan

Global Editor in Chief Newsweek, Nancy Cooper menjelaskan bahwa pemeringkatan tahunan “Best Specialized Asia Pacific Hospitals” ini merupakan yang kedua kalinya diadakan. 

Tujuannya untuk memberikan penghargaan kepada rumah sakit di sembilan bidang medis, yaitu bedah jantung, kardiologi, endokrinologi, neurologi, bedah saraf, onkologi, ortopedi, pediatri, dan pulmonologi.

"Daftar ini juga telah mengakui fasilitas kesehatan terkemuka di negara-negara APAC, seperti Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Indonesia,” ungkap Nancy.

Ia berharap penghargaan “Best Specialized Asia Pacific Hospitals 2024” ini dapat membantu pasien dalam menavigasi layanan medis yang semakin beragam di negara-negara kawasan APAC.

Baca juga : Dubes China Untuk Indonesia Lu Kang Masa Tugas Berakhir, Pamitan Ke Netizen +62

“Menerima perawatan khusus di institusi berperingkat teratas dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan pasien. Selain itu, dengan mengetahui di mana mencari tempat pengobatan terbaik dapat menjadi sumber informasi yang sangat berharga,” tutup Nancy.

Pemeringkatan dilakukan berdasarkan analisis data dari tiga sumber, yaitu survei online internasional, sertifikasi, dan survei implementasi Statista Patient Reported Outcome Measures (PROMs).

Survei online internasional ditujukan kepada para profesional medis di berbagai negara, seperti dokter, perawat, asisten dokter, terapis, dan staf manajemen/administrasi. Mereka diundang untuk mengikuti survei online yang bekerja sama dengan Newsweek. Dalam survei ini, responden diminta untuk merekomendasikan rumah sakit di negara mereka sendiri dan rumah sakit internasional sesuai bidang keahliannya.

Sementara itu, sertifikasi dilakukan berdasarkan Joint Commission International (JCI1) yang relevan dengan bidang medis tertentu. Sertifikasi yang dipertimbangkan disesuaikan dengan spesialisasi, seperti sertifikasi kanker payudara untuk kategori onkologi.

Baca juga : Bank Mandiri Bikin Bangga

Untuk pertama kalinya, skor PROMs dimasukkan dalam penilaian “Best Specialized Asia Pacific Hospitals”. Pengukuran hasil yang dilaporkan PROMs ini didefinisikan sebagai kuesioner terstandarisasi dan tervalidasi yang diisi oleh pasien untuk mengukur persepsi mereka terhadap kesejahteraan fungsional dan kualitas hidup.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...