Saturday, 27 Jul 2024

Unika Atma Jaya dan Perhumas Jalin Kerja Sama untuk Pengembangan Komunikasi

news24xx


Unika Atma Jaya dan Perhumas Jalin Kerja Sama untuk Pengembangan KomunikasiUnika Atma Jaya dan Perhumas Jalin Kerja Sama untuk Pengembangan Komunikasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) bekerja sama dengan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) sepakat menjalin kerja sama strategis. Nota kesepahaman ini ditandatangani di Kampus Atma Jaya Semanggi, Jakarta, pada Jumat (17/5/2024).

Kerja sama ini mencakup pengembangan dan pelatihan untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang komunikasi bagi seluruh jajaran fakultas dan unit kerja di lingkungan kampus. Selain itu, akan ada penyediaan pakar keilmuan di berbagai bidang yang dibutuhkan Perhumas di level nasional dan internasional. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unika Atma Jaya Prof. Yuda Turana dan Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto.

Keduanya sepakat bahwa fungsi strategis komunikasi semakin penting untuk melancarkan pemahaman dan mendapatkan dukungan bagi pengembangan keilmuan dari setiap program studi di kampus. Bagi Perhumas, kerja sama ini menyediakan pakar keilmuan yang dapat membantu pengembangan komunikasi baik dalam riset maupun praktik.

Baca juga : Menko Hadi Bahas Kerja Sama Keamanan & Penanggulangan Teroris Dengan Turki

“Dalam era global yang kompleks dan penuh ketidakpastian, peran dan fungsi komunikasi strategis sangat penting untuk meningkatkan kualitas keilmuan di kampus. Perspektif komunikasi juga akan meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa dalam berkomunikasi, yang bermanfaat saat mereka bekerja di lapangan nanti,” kata Yuda Turana.

Prof Yuda, yang juga merupakan tokoh Alzheimer Indonesia menambahkan, kerja sama dengan Perhumas juga mencakup kegiatan riset terbaru dan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerja sama ini relevan dalam memberikan solusi bagi persoalan yang ada di tengah masyarakat Indonesia.

Sementara itu, Boy Kelana mengatakan, kerja sama dengan UAJ membuktikan kebutuhan akan peran dan fungsi komunikasi kian strategis dan menentukan. Fungsi komunikasi dapat membantu mengatasi kompleksitas dan ketidakpastian global yang sudah sama-sama diketahui karena dapat membangun saling pengertian dan menciptakan dukungan positif.

Baca juga : Wuling Finance Jalin Kerja Sama Dengan Akulaku Finance Indonesia

“Kebutuhan akan komunikasi dalam dunia nyata untuk membantu sektor-sektor kehidupan strategis dan penting bagi masa depan kehidupan semakin menentukan. Misalnya kebutuhan akan komunikasi pembangunan, komunikasi kesehatan, dan komunikasi krisis,” kata Boy Kelana yang juga merupakan Head of Corporate Communication Astra International.

Saat ini, kata Boy, kemampuan komunikasi utama yang menentukan terlihat jelas saat memberikan penjelasan-penjelasan kepada masyarakat yang kian kritis dan “demanding”, sehingga membutuhkan kompetensi komunikasi yang kian canggih lagi, yaitu dalam hal meyakinkan dan mempengaruhi.

Lebih jauh, Boy mengemukakan bahwa terdapat sejumlah organisasi serumpun yang menjadi partner Perhumas dalam mengembangkan fungsi strategis komunikasi, seperti Perhimpunan Humas RS Indonesia (Perhumasri) yaitu organisasi profesi humas-humas rumah sakit, kemudian Ikatan Pranata Humas Indonesia (prahumas) yang beranggotakan para insan humas aparatur sipil negara, dan juga Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...