Saturday, 11 May 2024

Belum Beroperasi Penuh KCIC Pastikan Stasiun Karawang Berjalan Lancar

news24xx


Belum Beroperasi Penuh  KCIC Pastikan Stasiun Karawang Berjalan LancarBelum Beroperasi Penuh KCIC Pastikan Stasiun Karawang Berjalan Lancar
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Meski belum beroperasi penuh, Stasiun Whoosh Karawang saat ini tetap memiliki peran penting untuk kelancaran operasional Whoosh meskipun belum sepenuhnya melayani naik turun penumpang.

Sejak diresmikan pada Oktober 2023, Stasiun Karawang memiliki fungsi untuk memastikan perjalanan kereta cepat Whoosh menuju Halim dan Tegalluar dalam kondisi aman.

GM Corporate Secretary, Eva Chairunisa menyebutkan, di tengah proses peningkatan Aksesibilitas yang dilakukan oleh seluruh stakeholder, Stasiun Karawang tetap memiliki peran penting dalam perjalanan Whoosh yang jumlahnya terus meningkat.

"Saat ini perjalanan Whoosh sudah mencapai hingga 52 perjalanan. Jumlahnya terus meningkat dari awalnya 14 perjalanan per hari pada saat diresmikan. Sejak awal, para petugas Stasiun Karawang terus memastikan agar berbagai fasilitas operasi dan pelayanan tetap dapat beroperasi dengan baik," ujar Eva dalam keterangannya Minggu (28/4)

Baca juga : Smelter Milik JK Mulai Beroperasi, Serap Ribuan Tenaga Kerja Lokal

Adapun petugas yang dimaksud antara lain petugas operasional, pelayanan, keamanan, dan kebersihan untuk memastikan kondisi stasiun dan lintasan selalu berada dalam kondisi terbaik.

Termasuk juga petugas comprehensive controller untuk menjaga kondisi seluruh fasilitas pelayanan seperti mesin tiket, gate in, PIDS, CCTV, Lampu, hingga AC tetap baik.

Tak hanya itu, di stasiun Karawang juga terdapat Unit On Call Emergency yang berfungsi untuk mengatur perjalanan Whoosh secara lokal saat keadaan darurat.

Unit tersebut merupakan kepanjangan tangan dari Operational Control Center (OCC) Whoosh yang berada di Tegalluar sehingga keberadaannya sangat penting dalam menjaga kelancaran dan keamanan operasional Whoosh.

Baca juga : Atasi Pencemaran, KLHK Gelar Festival Pengendalian Lingkungan

"KCIC memastikan bahwa pengaturan petugas di Stasiun Karawang saat ini dilakukan seoptimal mungkin dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan operasi Whoosh," tambah Eva.

Lalu tersedia juga jalur mini depo untuk penyimpanan kereta kerja yang berfungsi untuk melakukan perawatan lintasan serta melakukan penanganan dan perbaikan dengan cepat jika terjadi kendala di tengah lintasan Jakarta-Bandung.

Untuk pelayanan naik turun penumpang, KCIC bersama seluruh stakeholder terus melakukan peningkatan aksesibilitas menuju stasiun Karawang di kawasan Trans Heksa Karawang (THK), Deltamas, serta jalan Tol Jakarta-Cikampek. Nantinya, akan ada akses sepanjang sekitar 1,5 km dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang yang saat ini sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi.

Sedangkan akses dari Tol Japek saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan.

Baca juga : Bamsoet Gelar Prosesi Pengajian dan Siraman, Jelang Pernikahan Anak Kelima

Rencananya pembangunan dilakukan tahun ini sebagai bagian dari Proyek Strategi Nasional dari pemerintah pusat.

Dengan adanya akses tersebut, Stasiun Karawang akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industrial, perkotaan, dan pusat perbelanjaan. KCIC juga terus melakukan komunikasi dengan berbagai provider penyedia layanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan konektivitas antar moda dari dan menuju stasiun Karawang.

“Karawang sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara tentu membutuhkan moda transportasi modern yang baik. Kami akan terus bekerja keras agar layanan Kereta Cepat Whoosh bisa segera dinikmati oleh masyarakat di sekitar stasiun Karawang,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...