Friday, 19 Apr 2024

Smelter PTFI Gresik Beroperasi Bulan Juni Penerimaan Negara Siap siap Meroket

news24xx


Smelter PTFI Gresik Beroperasi Bulan Juni  Penerimaan Negara Siap siap MeroketSmelter PTFI Gresik Beroperasi Bulan Juni Penerimaan Negara Siap siap Meroket
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengaku optimistis smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur bisa mulai beroperasi pada Juni 2024 mendatang.

"Saya optimistis smelter PTFI dapat beroperasi pada Juni 2024,” kata Arifin saat meninjau langsung pembangunan Smelter PTFI, Kamis (29/2).

Ia juga menyampaikan apresiasi pada komitmen PT Freeport dalam mendukung kebijakan hilirisasi tambang. Menurutnya, progres pembangunan smelter PTFI sudah sesuai rencana.

Baca juga : Viral! TPS Serba Pink Bertema Valentine Di Bali, 100 Pemilih Awal Dapat Cokelat

"Pembangunan pabrik pemurnian tembaga PTFI ini merupakan bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju," tegas Arifin.

Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ngabdi mengamini pernyataan Menteri ESDM. Targetnya, smelter siap beroperasi pada bulan Juni 2024 mendatang. Sementara produksi akan dimulai pada bulan Agustus 2025.

"Selanjutnya ramp-up mencapai kapasitas penuh pada akhir Desember 2024,” papar Jenpino.

Baca juga : Agus Fatoni Apresiasi Deklarasi Pilpres Damai Persaudaraan Nusantara Sumsel Bersatu

Seperti diketahui, pembangunan smelter yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik ini merupakan mandat dari Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Sejauh ini, PTFI telah menggelontorkan investasi sebesar 3,1 miliar dolar AS atau setara Rp 48 triliun per Desember 2023. Ini menjadi smelter kedua PTFI, selain yang dikelola PT Smelting yang dibangun pada 1996.

Smelter tembaga dengan Design Single Line terbesar di dunia ini nantinya mampu memurnikan 1,7 juta ton konsentrat tembaga dan menghasilkan 600.000 ton katoda tembaga per tahun. 

Baca juga : Kinerja Bagus, Pj Bupati Bangkalan Raih Penghargaan Dari UTM

Produk utamanya meliputi katoda tembaga, emas dan perak murni batangan, serta PGM (Platinum Group Metal). 

Adapun produk sampingnya antara lain asam sulfat, gipsum, dan timbal. Seluruh hasil tambang PTFI akan dimurnikan di dalam negeri.

"Hal ini akan meningkatkan nilai tambah dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi penerimaan negara,” tutup Jenpino.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...