Thursday, 02 May 2024

Pemerintah Indonesia Serukan Larangan Komik Superman Terbaru yang Menampilkan Karakter Biseksual

news24xx


Foto : CoconutsFoto : Coconuts
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Dikisahkan putra Superman adalah biseksual, dan sementara kita semua di sini untuk lebih banyak representasi, berbagai organisasi dan partai politik di Indonesia telah menyerukan agar komik tersebut dilarang.

DC Comics mengumumkan pada hari Senin bahwa Jon Kent, anak dari Clark Kent dan Lois Lane di serial Superman, akan keluar sebagai biseksual dalam seri kelima Superman: Son of Kal-El.

Seakan mengikuti jejak ayahnya, ia terlibat asmara dengan seorang reporter bernama Jay Nakamura menyusul persahabatan mereka. Ditulis oleh Tom Taylor dan diilustrasikan oleh John Timms, edisi ini dijadwalkan untuk dirilis pada awal November. 


Read More : Peringati Hari Buruh Internasional Pekerja Di Bandara Soetta Perkuat Kebersamaan Demi Pelayanan Terbaik

“Simbol Superman selalu mewakili harapan, kebenaran, dan keadilan. Hari ini, simbol itu mewakili sesuatu yang lebih. Hari ini, lebih banyak orang dapat melihat diri mereka sendiri dalam superhero paling kuat dalam komik,” kata Tom Taylor dalam pernyataannya , yang diterbitkan pada Hari Keluar Nasional AS. 

Kabar tersebut banyak disambut baik oleh komunitas online global maupun penggemar komik, namun tidak demikian halnya dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), serta Partai Islam Konservatif Partai Pembangunan Nasional (PPP) yang kukuh — semuanya tidak memiliki masukan kreatif untuk komik tetapi mungkin berpikir mereka bisa memiliki suara dalam distribusi komik di Indonesia.

KPAI telah mendesak instansi pemerintah terkait untuk menyensor komik Superman sebelum diedarkan lebih luas di Indonesia agar sesuai dengan “konteks Indonesia”, sambil juga mencatat bahwa komisi tersebut akan terus memantau konten dari seri buku komik populer. 

“Konten yang ditampilkan [dalam komik] harus berupa informasi yang mendidik bagi anak-anak dan menunjukkan nilai-nilai budaya, agama, dan sosial. Harus ada nilai-nilai ketimuran dalam konteks Indonesia. Nilai-nilai ini sejalan dengan bangsa,” kata Komisioner KPAI Jasra Putra hari ini.



Read More : PLN Mobile Proliga Seri Semarang Ini Jadwal Pertandingannya

Selanjutnya, Wakil Ketua MUI Anwar Abbas menyerukan kepada pemerintah untuk melarang distribusi komik ini sama sekali, dengan alasan bahwa isinya “jelas tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan identitas dan budaya kita sebagai bangsa yang religius.”

Anwar mengungkapkan kekecewaan mereka yang terlibat dalam produksi buku komik tersebut karena isinya mempromosikan “gaya hidup LGBT”. Ia lebih lanjut meminta pihak berwenang untuk mengambil tindakan hukum terhadap DC Comics, penulis, dan artis — yang semuanya jelas berbasis di luar Indonesia.

“Selanjutnya MUI meminta polisi menangkap pembuat dan distributor komik tersebut karena jelas-jelas telah merusak mental anak-anak dan generasi bangsa,” kata Anwar . 

Kemudian ada PPP, yang dalam pernyataannya hari ini mendesak pemerintah untuk memboikot produk dari DC Comics menyusul pengumuman komik Superman baru. PPP mengatakan konten seperti itu “berbahaya” bagi kaum muda Indonesia, sambil mengutuk biseksualitas sebagai “tindakan keji.” Selain itu, mereka juga mendesak DC Comics untuk menghentikan produksi komik tersebut.

“Kami prihatin, jika komik seri tersebut dikonsumsi oleh anak-anak Indonesia, berpotensi merusak generasi bangsa. Kami juga menuntut pemerintah untuk secara tegas memblokir tayangan yang menggambarkan tindakan tercela LGBT,” kata Ketua Umum PPP Achmad Baidowi dalam sebuah pernyataan.

Belum jelas apakah seruan yang meningkat ini akan mengarah pada semacam penyensoran atau sama sekali melarang buku komik tersebut, meskipun kami berharap mereka yang bertanggung jawab memiliki lebih banyak ruang untuk akal sehat dan representasi.





Loading...