Friday, 26 Apr 2024

Iran Prihatin Dengan Kehadiran Israel di Kaukasus

news24xx


Foto : AljazeeraFoto : Aljazeera
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Iran memiliki keprihatinan serius tentang kehadiran Israel di Kaukasus, karena ketegangan meningkat antara Iran dan Azerbaijan atas hubungan Baku dengan Israel, pemasok senjata utama.

Menteri Luar Negeri baru Iran Hossein Amirabdollahian, yang berada di Moskow untuk melakukan pembicaraan dengan timpalannya dari Rusia Sergei Lavrov, mengatakan pada hari Rabu bahwa Iran “tentu saja tidak akan mentolerir perubahan geopolitik dan perubahan peta di Kaukasus”.

"Kami memiliki keprihatinan serius tentang kehadiran teroris dan Zionis di wilayah ini," kata Amirabdollahian kepada wartawan di Moskow. Ketegangan tinggi antara Iran dan Azerbaijan, yang berbagi perbatasan 700 km (430 mil), sejak pertengahan September.


Read More : Serial The World of the Married Versi Indonesia, Mendua Soroti Perselingkuhan Rumah Tangga

Tentara Iran dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) baru-baru ini memobilisasi pasukan dan mengadakan latihan militer di dekat perbatasan barat lautnya dengan Azerbaijan di tengah ketegangan yang berkepanjangan setelah perang 44 hari Azerbaijan dengan Armenia tahun lalu.

Azerbaijan dan Turki, sebagai tanggapan, meluncurkan latihan militer bersama mulai hari Rabu. Sehari sebelum latihan diluncurkan, Amirabdollahian mengatakan kepada mitranya dari Azerbaijan bahwa Iran tidak akan mentolerir kehadiran atau aktivitas Israel "di sebelah perbatasan kami" dan berjanji untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan pada hari Selasa bahwa Baku "tidak akan meninggalkan jawaban" tuduhan "tak berdasar" Teheran tentang kehadiran militer Israel di tanahnya. Kantor Berita Tasnim Iran, yang berafiliasi dengan IRGC, mengatakan pada hari Selasa bahwa kantor perwakilan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei di Baku ditutup oleh pejabat Azeri.

Outlet berita yang dikelola pemerintah Iran kemudian membantah laporan itu, dengan mengatakan hanya pusat pertemuan keagamaan yang ditutup karena protokol COVID-19.

Sebelum pertemuannya dengan Lavrov, Amirabdollahian mengatakan Iran mengharapkan Rusia "peka tentang potensi perubahan perbatasan di seluruh kawasan, dan peka tentang kehadiran teroris dan gerakan rezim Zionis yang mengancam perdamaian dan stabilitas regional".



Read More : 4 Anggota Cedera Syuting Iklan, Puma Korea Minta Maaf ke NCT 127

Hubungan Iran-Rusia

Sebelum pembicaraan dengan Lavrov, Amirabdollahian mengatakan Iran mengejar "lompatan besar dalam hubungan" dengan Rusia ketika pemerintah Presiden Ebrahim Raisi berusaha dengan cepat memperluas hubungan di seluruh kawasan. Amirabdollahian menambahkan bahwa dia mengharapkan negosiasi mengenai kesepakatan nuklir Iran akan segera dimulai kembali di Austria.

"Saya menekankan bahwa kami sekarang sedang menyelesaikan konsultasi mengenai masalah ini dan akan segera memulihkan negosiasi kami di Wina," katanya.

Kantor berita Interfax melaporkan mengutip Amirabdollahian Tehran telah menerima "sinyal" bahwa Washington - yang meninggalkan pakta nuklir 2015 di bawah pemerintahan sebelumnya - sekali lagi tertarik untuk mengimplementasikannya. Amirabdollahian mengatakan pemerintah baru Iran masih meninjau catatan enam putaran pembicaraan di Wina yang berakhir pada 20 Juli.





Loading...