Sunday, 07 Mar 2021

Ingat, Aplikasi Ini Bikin HP Kamu Berat dan Dibombardir Iklan, Silahkan Dihapus

news24xx


Ilustrasi penggunaan ponsel. Ilustrasi penggunaan ponsel.

NEWS24.CO.ID - Aplikasi yang tidak  berguna di HP kamu silahkan dihapus. 

Google baru saja menghapus 164 Aplikasi dari Play Store. Penyebabnya seluruh platform menampilkan iklan di luar konteks.

Google telah melarang keberadaan iklan di luar konteks sejak Februari 2020. Menurut perusahaan, iklan tidak memungkinkan pengguna untuk menentukan iklan berasal dari mana serta juga dapat membuka celah pada perangkat Android dengan spam.

Bukan kali ini saja Google menghapus aplikasi terkait iklan di luar konteks. Perusahaan itu berhasil menemukan 38 aplikasi pada Juni dan 240 aplikasi di bulan Oktober 2020.

Seluruh aplikasi ini ditemukan oleh White Ops, perusahaan keamanan yang bekerja dalam pendeteksian bot serta penipuan iklan. Namun menurut perusahaan, 164 Aplikasi yang ada saat ini merupakan cluster berbeda dari bulan Juni dan Oktober 2020.

Sebagian besar dari aplikasi itu ternyata meniru aplikasi popular yang ada, menyalin fungsi dan nama dari aplikasi lain untuk dapat didownload dengan cepat, dikutip ZDNet, Senin (18/1/2021).

White Ops menambahkan 164 Aplikasi telah diunduh lebih dari 10 juta kali sebelum akhirnya ditemukan dan dilaporkan ke tim Google. Perusahaan itu juga menyediakan daftar seluruh aplikasi dalam blog resminya.

Salah satu yang paling banyak adalah aplikasi iSwipe Phone X dengan 5 juta unduhan. Nama-nama aplikasi lain yang ada dalam daftar itu adalah 3D Photo Editor (50 ribu unduhan), App Lock New 2019 - Privacy Zone & Lock your Apps ( 1 juta unduhan), dan Ringtone Maker - Mp3 cutter (1 juta unduhan).

Pihak White Ops juga mengingatkan bagi pengguna untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi agar tak terjebak dengan iklan di luar konteks. Pastikan jika aplikasi yang didownload merupakan asli dan resmi.

"Lihat review, jangan hanya review 5 bintang namun juga review 1 dan 2 bintang. Mereka adalah orang yang akan mengirimkan iklan bukan pada tempatnya dan akan memperingatkan Anda jika ada sesuatu yang salah," tulis pihak White Ops, dikutip dari laman resminya, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa 19 Januari 2021.

Walaupun seluruh aplikasi sudah dihapus dari Play Store, bagi pengguna yang sudah mengunduh harus menghapus manual dari ponsel masing-masing.

Sebagai informasi, iklan di luar konteks adalah istilah untuk iklan pada mobile yang menunjukkan pop up di dalam atau seluruh layar dan terpisah dari aplikasi aslinya.

N24. 





Loading...