Saturday, 27 Apr 2024

Dokter Muda Relawan Uji Coba Vaksin Virus Corona, Dikabarkan Meninggal Dunia

news24xx


Ilustrasi.Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, RIO DE JANEIRO - Dikabarkan, seorang relawan di Brazil meninggal dunia usai uji klinis vaksin covid-19. Kasus kematian ini tercatat yang pertama di dunia terkait uji coba vaksin virus corona. 

Vaksin covid-19 yang diuji itu merupakan buatan Universitas Oxford, Inggris, dan AstraZeneca.
Disebutkan dari laporan media lokal Brazil, sang relawan itu juga merupakan seorang dokter muda berusia. 28 tahun yang bekerja di garis depan penanganan pasien covid-19.

Ia merupakan dokter muda yang merawat pasien Covid-19 sejak Maret di unit gawat darurat dan ICU dua rumah sakit Kota Rio de Janeiro. Pria itu lulus sekolah kedokteran tahun lalu dan dalam kondisi sehat sebelum tertular virus corona.

Meski demikian hasil penyelidikan independen terkait kasus kematian itu menyebutkan, tidak ada masalah keamanan dalam pengujian vaksin Oxford-AstraZeneca sehingga uji coba tetap akan dilanjutkan. Sang dokter diketahui juga menerima plasebo.

"Setelah penyelidikan yang cermat atas kasus di Brasil ini, tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis. Tinjauan independen, selain regulator Brazil, merekomendasikan agar uji coba tersebut dilanjutkan," demikian pernyataan Oxford, seperti dilaporkan AFP yang disadur dari iNews, Kamis (22/10/2020).

Sementara itu AstraZeneca menyatakan tidak dapat memberikan rincian mengenai kematian sukarelawan tersebut karena faktor kerahasiaan medis. Mereka hanya memastikan tidak ada kekhawatiran tentang keamanan vaksin sehingga uji coba bisa dilanjutkan.

Regulator kesehatan Brasil, Anvisa, sudah diberitahu mengenai kasus tersebut pada 19 Oktober.

Oxford dan AstraZeneca pada September sempat menangguhkan uji coba vaksin ketika seorang relawan di Inggris mengalami sakit yang tidak dapat dijelaskan.

Uji coba dilanjutkan setelah regulator Inggris dan tim penyelidik independen menyimpulkan penyakit itu bukan efek samping dari vaksin. Setengah dari relawan dalam uji klinis tahap akhir itu juga mendapatkan plasebo.

Sejauh ini, sekitar 8.000 sukarelawan telah divaksinasi Covid-19 di Brasil dari total 20.000 di seluruh dunia. Peserta uji coba di Brazil harus dari tenaga kesehatan, yakni dokter, perawat, atau pekerja sektor kesehatan lain yang berhubungan dengan penanganan virus corona. []





Loading...