Sunday, 19 May 2024

Resmikan IDTH Di Depok Presiden Perangkatnya Super Canggih Dan Modern

news24xx


Resmikan IDTH Di Depok  Presiden  Perangkatnya Super Canggih Dan ModernResmikan IDTH Di Depok Presiden Perangkatnya Super Canggih Dan Modern
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) atau Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024).

Berdasarkan pantauan Rakyat NEWS24.CO.ID di lokasi, Presiden tiba pukul 09.00 WIB dengan mengenakan batik lengan panjang berwarna coklat. Didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto. 

Selain itu, terlihat juga Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Wali Kota Depok Mohammad Idris, dan Kepala BBPPT Syaharuddin. 

Sebelum memasuki ruang acara, Presiden terlebih dulu memutari ruangan yang berisikan perangkat komunikasi di dalam gedung BBPPT. Kata Jokowi, wajar jika pembangunan infrastruktur IDTH memakan anggaran yang relatif besar. 

Baca juga : Ramalan Cuaca Depok Hari Ini Perjam Jumat 3 Mei 2024, Berikut Rincian Info BMKG

"Saya tadi sudah mutar ke semua ruangan, memang perangkatnya super modern, sangat bagus. Karena memang untuk membangun ini anggaran yang digunakan hampir Rp 1 triliun kurang dikit. Rp 980 miliar," kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, nilai anggaran yang dikeluarkan untuk membangun infrastruktur IDTH sepadan dengan perangkat komunikasi yang tersedia. "Kalau peralatannya canggih seperti ini, ya jangan kaget karena anggarannya gede," ungkap Jokowi. 

Mantan Wali Kota Solo itu menyadari peran penting balai yang bertujuan untuk menguji perangkat komunikasi. 

"Tadi sudah disampaikan Menkominfo bahwa laptop, handphone, handy talky, bluetooth, semuanya diuji di balai ini sebelum dipasarkan. Diuji di sini untuk memastikan standar keamanan dan standar kesehatan," sambung Presiden. 

Baca juga : Persiapan Kedatangan PM Singapura, Presiden Jokowi Terima Menlu Negeri Merlion

Sebelumnya, Menteri Budi Arie mengatakan, IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengembangan solusi teknologi yang inovatif. Bahkan, menjadi pendukung pertumbuhan ekosistem digital dalam negeri yang menjadikannya sebagai katalisator inovasi.

“Pengembangan talenta itu penting ya, ini pentahelix juga. Kita kerja sama dengan kampus-kampus untuk sarana belajar, UI, ITB, ITS, Telkom University, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Bandar Lampung. Karena kampus itu salah satu center of excellence,” ujar Ketua Umum Projo itu.

Menurut dia, IDTH yang saat ini dilaksanakan oleh BBPPT sebagai laboratorium uji, memiliki tiga peran strategis dalam pengujian perangkat. Pertama, protect yang mengacu pada perlindungan atau menjaga kesehatan dan keselamatan manusia dari ketidaksesuaian emisi perangkat yang berpotensi mengganggu.  

“Kedua, gate, mengacu pada peran IDTH sebagai gerbang arus keluar masuk produk-produk elektronik ekspor maupun impor termasuk membantu industri dalam negeri untuk dapat masuk ke dalam pasar global,” ungkapnya. 

Baca juga : Wejangan Kiai Maruf Soal Presiden-Wapres, Gibran: Kompak, Seperti Main Badminton

Adapun peran ketiga berkaitan spectrum management. Menurut Menteri Budi Arie hal itu menjadi satu kesatuan dalam manajemen spektrum frekuensi nasional yang menjamin interoperabilitas dan perlindungan dari interferensi antar pengguna perangkat untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience.

Budi Arie menegaskan, IDTH juga memiliki peran dalam memberikan pendampingan serta penyediaan sarana prasarana bagi pengembangan solusi digital. “Melalui sandbox, makerspace, showcase. Saat ini, telah terjalin kemitraan dengan beberapa pemangku kepentingan, di antaranya dengan laboratorium pengujian, perguruan tinggi, dan komunitas yang berkecimpung dalam bidang perangkat telekomunikasi,” tuturnya. 

Ke depan, Budi Arie berharap, kolaborasi ini terus berkembang, sehingga IDTH mampu memberikan ruang bagi para inovator Indonesia untuk terus berkarya. “Dengan demikian, IDTH turut berkontribusi dalam memastikan bahwa Indonesia memiliki fondasi kemandirian digital yang kokoh,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...