Saturday, 18 May 2024

Jepang Ingin Indonesia Jadi Poros Kolaborasi Negara OECD Dan ASEAN

news24xx


Jepang Ingin Indonesia Jadi Poros Kolaborasi Negara OECD Dan ASEANJepang Ingin Indonesia Jadi Poros Kolaborasi Negara OECD Dan ASEAN
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa berharap Indonesia bisa menjadi poros kolaborasi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN).

Hal itu disampaikan Menlu Jepang dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di sela-sela acara OECD Ministerial Council Meeting (MCM) 2024 di Paris, Prancis, Kamis (2/5).

Dalam kesempatan itu, Menlu Yoko menyambut baik diadopsinya peta jalan aksesi keanggotaan Indonesia ke OECD. Sebagai ketua MCM 2024, Jepang ingin memperkuat kolaborasi antara OECD dan negara-negara di Asia Tenggara dengan Indonesia sebagai porosnya.

Baca juga : Peringati Hardiknas, Seskab Dorong Kolaborasi Majukan Pendidikan Nasional

Ia berkeyakinan, dengan kapasitas Menko Airlangga sebagai Menko Perekonomian yang mempunyai dukungan politik sangat luas dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

Selain itu, Menko Airlangga dan Menteri Yoko juga membahas sejumlah isu strategis yang relevan dengan tema MCM 2024. Kedua Menteri ini menegaskan komitmen mereka untuk memanfaatkan kekuatan OECD sebagai pusat kerja sama global dalam mengembangkan kebijakan yang sehat dan terkoordinasi dengan baik.

Kedua Menteri juga menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang lebih erat antara Indonesia dan Jepang, dengan fokus pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan keterampilan tenaga kerja, dan pendidikan dalam menghadapi tantangan global. 

Baca juga : Dubes Iran Untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi Pamer Kehebatan Militer Negaranya

Dalam kerangka bilateral, kedua Menteri juga sepakat untuk mengakselerasi proses penandatanganan Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) sebagai tindak lanjut pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Fumio Kishida pada akhir tahun lalu.

Menko Airlangga juga meminta dukungan Jepang dalam kerangka The Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP) untuk membuka akses pasar yang lebih luas.

Indonesia dan Jepang komit memperkuat kerja sama dalam menghadapi tantangan ekonomi dan sosial yang kompleks di era globalisasi saat ini. Kedua negara juga bertekad mewujudkan diskusi global yang objektif, andal, dan berkelanjutan, menuju pertumbuhan yang inklusif dan masa depan yang lebih baik bagi semua.

Baca juga : Menpora Dito: UEA Dukung Indonesia Jadi Host Piala Dunia U-20 Pada 2027.

Turut hadir mendampingi Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut diantaranya yakni Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi Prio Pambudi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako, serta Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO Mohamad Oemar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...