Monday, 27 Jun 2022

7 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Hewan Peliharaan

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Apabila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, perlu kiranya membatasi memberikan jenis makanan rumahan untuk mereka. Pasalnya sistem pencernaan dan mekanisme tubuh hewan berbeda dengan manusia. Mengutip American Society for the Prevention of Cruelty Animals, Rabu, 15 Juni,  sejumlah makanan manusia bisa beracun bagi hewan.

Makanan tersebut antara lain sebagai berikut.


Read More : Tradisi Unik Warga Trenggalek, Pasang Reklame Bukan untuk Pilkada tapi Pengumuman Hajatan

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak dan protein baik untuk menusia. Tetapi bagi burung, kelinci, keledai, domba, kambing, dan kuda, buah yang memiliki rasa seperti mentega ini berbahaya. Jika diberikan pada kuda dan keledai, bisa menyebabkan pembengkakan pada kepala dan leher. Kekhawatiran terbesar dari memberikan makanan ini ke hewan kesayangan di rumah ialah dapat merusak sistem kardiovaskular. Bahkan pada kelinci dan burung bisa menyebabkan kematian.

2. Cokelat, kopi, dan kafein

Dalam biji kakao mengandung methylxanthines. Ketika tertelan oleh hewan peliharaan, kandungan tersebut dapat menyebabkan muntah, diare, rasa haus berlebihan, hiperaktif, irama jantung abnormal, hingga kejang dan mengalami kematian. Termasuk juga jika memberikan kopi atau minuman berkafein. Artinya hindari memberikan tiga makanan ini pada anabul, seperti kucing dan anjing.

3. Jeruk

Setiap bagian dari pohon jeruk, termasuk batang daun, kulit, buah, dan biji, mengandung asam sitrat dalam jumlah yang bervariasi. Hindari memberikannya pada hewan peliharaan di rumah karena dapat menyebabkan iritasi dan mungkin depresi sistem saraf pusat. Jika tak sengaja tertelah dalam dosis kecil, mungkin menimbulkan masalah ringan pada perut.

4. Kelapa dan air kelapa

Saat tertelan dalam jumlah kecil, produk berbahan dasar kelapa dan minyak kelapa akan menyebabkan luka serius pada hewan peliharaan Anda. Kelapa, terutama airnya, mengandung potasium yang tinggi. Ini tak boleh diberikan pada hewan peliharaan Anda karena dapat menyebabkan mereka sakit perut dan diare.

5. Anggur dan kismis

Tak diketahui secara pasti zat apa yang menyebabkan anggur dan kismis beracun bagi hewan peliharaan. Tetapi efek jika memberikan baik anggur segar maupun anggur yang diawetkan menjadi kismis, dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing.



Read More : Agar Hubungan Seksual Memuaskan, Coba Rutin Lakukan 3 Olahraga Ini

6. Kacang macadamia

Ketika ngemil di rumah dan anabul menghampiri, hindari langsung memberikan camilan pada mereka. Terutama kacang macadamia yang dapat menyebabkan tremor, hipertermia, lemas, hingga muntah pada anjing. Tanda-tanda biasanya muncul dalam waktu 12 jam setelah dikonsumsi. Sakitnya bisa berlangsung sekitar 24 hingga 28 jam.

7. Susu

Pada sistem pencernaan kucing, tidak memiliki jumlah laktase cukup sehingga tak dapat memecah laktosa dalam susu. Produk berbasis susu juga perlu dihindari untuk diberikan pada kucing karena dapat memicu gangguan pada pencernaannya.

Selain tujuh makanan di atas, hindari juga memberikan kacang-kacangan, bawang merah, bawang putih, bawang bombai, serta daging dan tulang mentah. Semua makanan tersebut tidak baik untuk sistem pencernaannya. Alih-alih memberikan kasih sayang dengan membagi makanan dengan hewan peliharaan, lebih baik Anda memberikan snack yang khusus diformulasi untuk hewan peliharaan seperti kucing atau anjing.





Loading...