Monday, 27 Jun 2022

Wagub DKI Tanggapi Viralnya Makanan Padang Non Halal

news24xx


Foto : TempoFoto : Tempo
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengomentari isu viral tentang restoran Padang yang menjual makanan berbahan dasar babi di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Makanan Padang adalah masakan halal populer masyarakat Minangkabau Sumatera Barat yang mayoritas beragama Islam.

“Setahu kami sampai hari ini dan seperti biasa kami makan di restoran Padang, semua menunya halal. Jadi kalau tidak halal itu di luar kendali kami. Kami tidak tahu kok ada makanan Padang yang tidak halal, " kata Riza di Balai Kota, Jumat, 10 Juni 2022.


Read More : GP Ansor Desak Anies Baswedan Cabut Lisensi Holywings

Kehadiran restoran Padang non-halal yang diproklamirkan sendiri itu menuai kontroversi publik di platform media sosial. Ada yang menganggapnya tidak pantas dan tidak menghormati umat Islam, khususnya orang Minang, ada pula yang menganggapnya biasa saja.

Menurut Riza, semua restoran Padang harus halal. Dia juga menggarisbawahi bahwa orang boleh menjalankan bisnis kuliner kreatif, tetapi tidak boleh merugikan umat Islam. 

“Dikhawatirkan orang makan makanan Padang di resto yang sebenarnya haram,” tambah Riza.

Kepala Badan Ketertiban Umum (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengatakan pihaknya belum menerima informasi tersebut. "Saya akan tanyakan kepada pejabat di sana. Kami akan koordinasikan dengan pejabat daerah," kata Arifin dalam keterangannya, Jumat, 10 Juni 2022.



Read More : Badan Pangan Nasional Sebut Harga Telur Rp 30.000 Per Kg Sudah Ideal

Ia menambahkan, pihaknya akan mengusut terlebih dahulu faktanya, memeriksanya, dan menyimpulkan apakah itu pelanggaran atau tidak.

Sementara itu, Kepala Satuan Pengawasan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan mengaku belum bisa berkomentar banyak karena pihaknya masih mendalami isu makanan Padang yang tidak halal.





Loading...