Thursday, 13 May 2021

Trik Merawat Perhiasan Emas Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Emas merupakan salah satu jenis logam yang paling banyak digunakan sebagai perhiasan. Sejak zaman dahulu hingga sekarang, banyak wanita yang mengoleksi perhiasan emas, baik berupa anting, gelang, kalung, maupun cincin.

Perhiasan emas juga biasanya diberikan kepada pasangan untuk momen-momen penting seperti tunangan dan pernikahan.

Jika Anda termasuk yang suka mengoleksi perhiasan emas, jangan lupa untuk merawatnya ya! Karena perhiasan emas juga bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik, paling tidak lama-kelamaan warnanya akan pudar.


Read More : Ternyata Ini Efek Buruk Jika Mencuci Beras di Dalam Rice Cooker



Mengingat harga emas yang tergolong tinggi dan bisa menjadi investasi, tidak ada salahnya memperhatikan perawatannya agar lebih awet dan tetap cantik hingga bertahun-tahun.

Perawatan emas sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Yuk simak tips berikut ini:

Lepaskan perhiasan Anda di kamar mandi
Bagi Anda yang terbiasa memakai perhiasan emas setiap hari, sebaiknya melepasnya saat mandi. Pasalnya saat mandi, tubuh akan terpapar produk yang mengandung bahan kimia, mulai dari sampo, sabun, dan pembersih wajah.
Melepaskan perhiasan saat mandi berarti mengurangi paparan bahan kimia pada emas. Usai mandi sebaiknya gunakan body lotion dan parfum terlebih dahulu. Jika semua produk kecantikan telah terserap dengan baik ke dalam kulit, maka gunakan kembali perhiasan Anda.



Read More : Bukan Hanya Saat Bulan Ramadhan, Kurma Cocok Dikonsumsi Sepanjang Tahun Karena Mengandung 5 Nutrisi Ini

Simpan di kotak perhiasan
Cara menyimpan emas juga tidak boleh sembarangan. Saat tidak digunakan, Anda bisa meletakkan perhiasan di dalam kotak. Tidak harus kotak perhiasan, Anda bisa menggunakan kotak dengan sekat agar koleksinya tertata rapi dan tentunya tidak menumpuk. Intinya, simpan emas dalam wadah dan jangan biarkan saling menempel agar warnanya tidak cepat pudar.

Apalagi untuk kalung dan anting yang panjang, jangan sampai sembarangan karena bisa saling menempel dan kusut.

Cuci emas dengan campuran deterjen
Secara berkala, Anda harus membersihkan koleksi perhiasan emas. Caranya mudah, Anda bisa membuat larutan campuran deterjen dan soda dalam sebuah wadah. Kemudian masukkan perhiasan ke dalam wadah, diamkan 10-20 menit, lalu keluarkan dan bersihkan dengan sikat lembut. Untuk perhiasan dengan rantai, sebaiknya masukkan satu per satu ke dalam larutan agar tidak kusut. Setelah disikat, bersihkan kembali dengan air dan keringkan dengan kain lembut.

Bersihkan dengan pasta gigi
Pilihan lain untuk membersihkan perhiasan adalah dengan menggunakan pasta gigi. Anda tinggal mencampurkan sedikit pasta gigi dengan air, aduk rata agar tidak terlalu kental. Lalu, celupkan kuas ke dalam larutan pasta gigi, lalu sikat perhiasan secara perlahan agar kotoran bisa hilang. Setelah itu bersihkan dengan air dan keringkan.





Loading...