Saturday, 18 May 2024

Erupsi Gunung Ruang Batalkan Penerbangan Scoot AirAsia Malaysia Airlines

news24xx


Erupsi Gunung Ruang Batalkan Penerbangan Scoot  AirAsia  Malaysia AirlinesErupsi Gunung Ruang Batalkan Penerbangan Scoot AirAsia Malaysia Airlines
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah (low cost carrier) dari Singapura Airlines/SIA membatalkan enam penerbangan yang melayani rute Singapura, Malaysia Timur, dan Indonesia pada Kamis (18/4/2024), setelah Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara mengalami beberapa kali erupsi.

Scoot membatalkan dua penerbangan TR216 dan TR217 rute Singapura-Manado, yang dijadwalkan berangkat pada Jumat (19/4/2024). Menyusul empat pembatalan penerbangan yang melintasi Singapura dan Malaysia Timur pada Kamis (18/4/2024).

TR490 dan TR491 melayani rute Singapura dan Kota Kinabalu di Sabah, sementara TR414 dan TR415 melintasi Singapura dan Miri Sarawak.

Pembatalan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap kejadian yang tak diinginkan.

Baca juga : Sri Mul Datang ke Open House Terbatas Megawati, Ngaku Hanya Berlebaran

"Scoot meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Keselamatan pelanggan dan kru adalah prioritas utama kami," demikian penjelasan Scoot, seperti dikutip Channel News Asia (CNA) Kamis (18/4/2024).

"Kami akan terus memantau situasi dan menyesuaikan jadwal penerbangan," imbuh penjelasan tersebut.

Akibat erupsi menerus Gunung Ruang sejak Selasa (16/4/2024) malam, yang memunculkan kolom abu setinggi lebih dari 1,5 km, otoritas setempat mengevakuasi ribuan orang.

Letusan Gunung Ruang juga menyebabkan penutupan Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado, yang berjarak lebih dari 100 km dari gunung berapi, selama 24 jam hingga Kamis (18/4/2024) malam.

Baca juga : Polri Ingatkan Warga Tak Konvoi Saat Malam Takbiran

Scoot memastikan, pihaknya siap membantu untuk mengakomodasi pelanggan yang terdampak ke penerbangan berikutnya, jika tersedia.

Selain itu, pelanggan terdampak juga dapat meminta pengembalian dana penuh, jika mereka memilih untuk tidak melanjutkan perjalanan.

Melalui laman Facebook, Malaysia Airlines mengatakan, pihaknya membatalkan hampir 20 penerbangan antara Kuala Lumpur, Sabah dan Sarawak, Kamis (18/4/2024).

Setali tiga uang, maskapai murah AirAsia juga membatalkan penerbangan dari dan ke sembilan bandara termasuk Kota Kinabalu, Miri, Kuching dan Brunei. Info ini disampaikan AirAsia melalui keterangan resminya.

Baca juga : Garuda Operasikan 2 Penerbangan Kemanusian Ke Sudan Dan Palestina

Bagaimana dengan SIA? Kepada CNA, SIA menjelaskan, penerbangannya tidak terpengaruh oleh erupsi Gunung Ruang dan tetap beroperasi sesuai jadwal.

“SIA terus memantau situasi dan akan menyesuaikan penerbangan, sesuai perkembangan," kata juru bicara maskapai tersebut. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...