Tuesday, 30 Apr 2024

Hadiri Halal Bihalal Partai Golkar Bamsoet Minta Pemerintah Segera Antisipasi Melemahnya Rupiah Atas Dolar AS

news24xx


Hadiri Halal Bihalal Partai Golkar Bamsoet Minta Pemerintah Segera Antisipasi Melemahnya Rupiah Atas Dolar ASHadiri Halal Bihalal Partai Golkar Bamsoet Minta Pemerintah Segera Antisipasi Melemahnya Rupiah Atas Dolar AS
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah segera mengantisipasi potensi anjloknya nilai tukar rupiah yang telah menembus Rp 16.000 per dolar Amerika Serikat (AS). Mengacu data Google Finance, rupiah berada di posisi Rp 16.059 per dolar AS pada hari Senin (15/4). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan akan terus melemah saat pasar domestik perdagangan mata uang rupiah kembali dibuka pada Selasa (16/24) usai libur Lebaran.

"Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Bank Indonesia (BI) harus segera melakukan proyeksi nilai tukar rupiah sebagai langkah untuk mengantisipasi dampak terburuk dari tekanan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. Selanjutnya, Bank Indonesia melaksanakan strategi yang telah ditentukan dari hasil proyeksi tersebut, sehingga dapat menjaga kestabilan moneter dan mencegah nilai rupiah semakin anjlok," ujar Bamsoet, usai menghadiri acara Halal Bihalal bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Senin malam (15/4).

Baca juga : Mardiono Hadiri Halal Bihalal Partai Golkar, Ini Alasannya

Ketua DPR ke-20 ini meminta Kemenkeu dan BI makin kreatif dan inovatif dalam merumuskan kebijakan untuk mengatasi pelemahan rupiah. Kemenkeu sebagai otoritas kebijakan fiskal bisa mengakselerasi APBN semaksimal mungkin. Karena, APBN merupakan sumber penting dalam memutar ekonomi nasional.

"Selain itu, hal yang perlu didorong pada saat sulit seperti ini adalah memudahkan akses perbankan. Bank Indonesia sebagai otoritas moneter bisa melonggarkan aturan dalam pemberian kredit, terutama kebijakan kredit tanpa jaminan harus diperluas untuk sektor-sektor produktif usaha kecil menengah rakyat (UMKM)," kata Bamsoet.

Baca juga : Halal Bihalal, Mardiono Gelar Syawalan Bersama Warga Di Sleman

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini juga meminta tidak ada satu pihak pun yang menjadi spekulan dengan memanfaatkan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Saat ini adalah waktu yang tepat bagi anak bangsa untuk menunjukan kepedulian terhadap negara dengan berkontribusi menaikan nilai tukar rupiah"Posisi rupiah sekarang berada di posisi terendah sejak 26 tahun terakhir. Sebelumnya, mata uang rupiah pernah mencapai level terendah di Rp 16.800 per dolar AS pada 17 Juni 1998. Karenanya, seluruh warga negara Indonesia harus bersatu, bergandengan tangan, dan sama-sama melakukan tindakan nyata memulihkan nilai tukar rupiah. Bukannya malah memanfaatkan situasi dengan mencari keuntungan pribadi," tegas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum FKPPI ini mendukung pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto agar partai politik yang kemarin berkontestasi dalam Pilpres 2024 segera merapatkan barisan, rekonsilasi. Mengingat tantangan bangsa ke depan sangat kompleks.

Baca juga : Sri Mul Bertemu Pak Bas Saat Mudik, Ternyata Pernah Tetanggaan Di Semarang

Meningkatnya ketegangan geopolitik setelah Iran melancarkan serangan balasan ke Israel dikhawatirkan dapat berdampak ke ekonomi Indonesia. Tekanan terhadap tingkat inflasi dan kurs juga diprediksi meningkat dan berpotensi menekan negara berpendapatan menengah atas (upper middle income country) seperti Indonesia akan menghadapi persaingan hyper competitive di pusaran arus modal yang sulit. Nilai tukar dolar akan terus naik dan Harga bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan akan meningkat.

"Melalui momentum Idul Fitri dan halal bihalal, mari kita kembali membangun kebersamaan sekaligus memperkuat persaudaraan. Ada saatnya kita berkompetisi, ada saatnya kita bersatu kembali," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...