Tuesday, 30 Apr 2024

Lee Hsien Loong Mundur 15 Mei Singapura Punya PM Baru Namanya Lawrence Wong

news24xx


Lee Hsien Loong Mundur 15 Mei  Singapura Punya PM Baru  Namanya Lawrence WongLee Hsien Loong Mundur 15 Mei Singapura Punya PM Baru Namanya Lawrence Wong
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, mengumumkan akan mundur dari jabatannya pada 15 Mei mendatang. Penggantinya, Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong menyatakan siap mengambil alih kepemimpinan. 

Lee Hsien Loong yang telah menjabat sebagai Perdana Menteri sejak Agustus 2004, menyatakan keputusan untuk mundur telah dipikirkan matang-matang dan merupakan bagian dari proses regenerasi kepemimpinan di Singapura.

"Saya akan melepaskan peran saya sebagai Perdana Menteri pada 15 Mei 2024 dan DPM (Wakil Perdana Menteri) Lawrence Wong akan dilantik sebagai Perdana Menteri berikutnya pada hari yang sama," kata Lee melalui media sosial, Seperti dilansir AFP, Senin (15/4/2024). 

Ia pun meminta seluruh warga Singapura untuk memberikan dukungan penuh kepada Lawrence dan timnya, dan bekerja sama dengan mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Singapura. 

Baca juga : Presiden Jokowi Percaya Produk PNM Mekaar Punya Daya Saing Tinggi

"Saya percaya ini adalah waktu yang tepat untuk pemimpin baru mengambil alih tongkat estafet dan membawa Singapura ke fase berikutnya," ujar Lee. 

PM Lee mengatakan, transisi kepemimpinan adalah momen penting bagi negara mana pun. Kata dia, Wong dan tim 4 Generasi (4G) telah bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, terutama selama pandemi. 

“Melalui latihan Forward Singapore, mereka telah bekerja dengan banyak warga Singapura untuk menyegarkan kembali perjanjian sosial kita dan mengembangkan agenda nasional untuk generasi baru," ungkapnya. 

PM Lee mengatakan tim 4G berkomitmen untuk menjaga Singapura bekerja dengan baik dan maju, dan meminta agar masyarakat Singapura memberikan dukungan penuh kepada Wong dan timnya untuk bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih cerah.

Baca juga : Presiden Jokowi Sapa Puluhan Ribu Petani Dan Babinsa Se-Jawa Tengah

Wong, yang juga menjabat Menteri Keuangan, terpilih sebagai pewaris Lee. Dia siap menerima mandat itu. Wong, yang memasuki dunia politik 13 tahun lalu, akan menjadi perdana menteri keempat Singapura.

"Saya menerima tanggung jawab ini dengan kerendahan hati dan rasa tanggung jawab yang mendalam. Saya berjanji memberikan segalanya dalam upaya ini," kata Wong melalui media sosial miliknya.

Wong, yang berusia 51 tahun, telah menjadi kandidat perdana menteri berikutnya sejak April 2022, ketika ia dipilih oleh rekan-rekannya sebagai pemimpin tim 4G Partai Aksi Rakyat (PAP).

Lawrence Wong, yang akan menggantikan Lee, telah lama dianggap sebagai calon kuat untuk posisi ini. Sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan, Wong telah berperan penting dalam pemerintahan Singapura, terutama dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi negara.

Baca juga : Anies-Imin Janjikan 15 Juta Lapangan Kerja Baru, Termasuk Green Jobs

Pergantian kepemimpinan ini telah disambut positif oleh banyak pihak yang mengharapkan pembaharuan dalam pemerintahan. Analis politik setempat menilai bahwa Wong memiliki kapasitas untuk membawa inovasi dan perspektif baru dalam mengatasi masalah-masalah strategis nasional dan internasional.

Masyarakat Singapura kini menantikan era baru di bawah kepemimpinan Lawrence Wong, dengan harapan besar terhadap kemajuan dan stabilitas politik di masa mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...