Tuesday, 30 Apr 2024

Idul Fitri Bukan Hari Raya Biasa Ini Maknanya

news24xx


Idul Fitri Bukan Hari Raya Biasa  Ini MaknanyaIdul Fitri Bukan Hari Raya Biasa Ini Maknanya
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan momen istimewa yang disebut Idul Fitri. Lalu, apa makna Idul Fitri?

Seperti dimuat Muhammadiyah.or.id, dalam Bahasa Arab, kata ‘Id’ selalu dimaknai sebagai “hari raya”, sebuah waktu yang dipenuhi dengan kebaikan dan kemurahan dari Allah yang kembali berulang-ulang setiap tahunnya. Etimologi kata ‘Id’ mengarah pada kata “al-mausim”, yang berarti musim, sebuah istilah yang menggambarkan siklus berulang yang selalu hadir.

Idul Fitri bukan sekadar hari raya biasa. Ia memiliki makna yang dalam bagi umat Islam, khususnya bagi yang menjalani ibadah puasa Ramadan. Setelah sebulan penuh menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa, Idul Fitri menjadi momen pelepasan yang dinantikan. Hari ketika mereka yang menjalani ibadah puasa Ramadan akhirnya berbuka, mengakhiri serangkaian pengorbanan dan ketaatan.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْفِطْرُ يَوْمَ يُفْطِرُ النَّاسُ وَاْلأَضْحَى يَوْمَ يُضَحِّي النَّاسُ. [رواه الترذي]

Baca juga : SPKLU PLN di Tol Trans Sumatera Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah bahwa ia mengatakan: Rasulullah saw bersabda: Idul Fitri adalah hari ketika orang berbuka puasa dan Idul Adha adalah hari ketika orang menyembelih kurban". [HR. at-Tirmidzi, dalam Sunan-nya, Kitab as-Shaum,” hadis no. 802].

Rasulullah SAW menjelaskan makna Idul Fitri dalam hadis yang diriwayatkan ‘Aisyah, “Idul Fitri adalah hari ketika orang berbuka puasa.” Kata-kata ini menegaskan bahwa Idul Fitri bukan sekadar perayaan, tetapi juga penanda akhir dari bulan suci Ramadan, sebuah momen penting yang memperkuat ikatan spiritual antara individu dengan Allah.

Hari Raya Idul Fitri tidak hanya ditandai dengan berbuka puasa, tetapi juga dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri secara berjamaah. Ibadah ini merupakan bagian penting dari tradisi Islam yang disyariatkan Rasulullah SAW pada tahun pertama beliau di Madinah.

Baca juga : Amalan di Idul Fitri yang Sesuai Sunnah Nabi, Salah Satunya Pakai Baju Bagus

Dalam hadis yang diriwayatkan Anas Ibnu Malik, Rasulullah SAW mencatatkan perubahan penting dalam tradisi perayaan umat Islam di Madinah. Sebelum kedatangan beliau, masyarakat merayakan dua hari dengan bermain-main, tetapi Rasulullah SAW mengubahnya menjadi hari yang lebih bermakna secara spiritual, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَلَهُمْ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ مَا هَذَانِ الْيَوْمَانِ قَالُوا كُنَّا نَلْعَبُ فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ اْلأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ. [رواه أبو داود والنسائي]

“Diriwayatkan dari Anas Ibnu Malik ia berkata: Rasulullah saw. tiba di Madinah (dan beliau melihat) mereka mempunyai dua macam hari yang mereka meriahkan dengan permainan. Beliau bertanya: Hari apa ini? Mereka menjawab: Di zaman Jahiliyah kami memeriahkannya dengan permainan. Lalu Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah telah mengganti kedua hari ini untuk kamu dengan yang lebih baik, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.” [HR. Abu Dawud dan an-Nasa’i].  

Perubahan ini menegaskan bahwa Hari Raya Idul Fitri bukan hanya tentang kesenangan duniawi, tetapi juga tentang penghormatan kepada Allah SWT melalui ibadah yang khusus. Salat Idul Fitri menjadi wujud syukur atas nikmat berakhirnya bulan suci Ramadan dan momen untuk mempererat tali persaudaraan umat Islam dalam kebersamaan beribadah.

Baca juga : Rayakan Idul Fitri, Sarinah Hadirkan Produk Fashion dan Kriya Terbaik Indonesia

Dengan demikian, Salat Idul Fitri bukan hanya sebuah ritual, tetapi juga sebuah simbol kebersamaan dan penghormatan kepada ajaran Islam. Melalui ibadah ini, umat Islam mengingat kembali nikmat dan rahmat Allah yang melimpah, serta memperkokoh ikatan spiritual dengan Sang Pencipta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...