Tuesday, 30 Apr 2024

Jimly Ajak Warga Manfaatkan Lebaran Untuk Rekonsiliasi

news24xx


Jimly Ajak Warga Manfaatkan Lebaran Untuk RekonsiliasiJimly Ajak Warga Manfaatkan Lebaran Untuk Rekonsiliasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengajak segenap muslim di Tanah Air untuk memanfaatkan momentum Idul Fitri 1445 Hijriah dengan melakukan rekonsiliasi setelah Pilpres 2024.

Baca juga : Tips Aman Konsumsi Daging Merah Saat Lebaran

"Saya mengajak semua para pihak untuk memanfaatkan momentum Lebaran ini momentum untuk rekonsiliasi," kata Jimly saat ditemui wartawan usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, dikutip Rabu (10/4).   Senator DKI ini mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, untuk berhenti menyebarkan narasi kebencian dan permusuhan di ruang publik serta media-media sosial, seperti Twitter dan TikTok.

Baca juga : Patuhi Aturan, Waka MPR: Mudik Lebaran Dorong Pergerakan Ekonomi

Jimly pun mengajak segenap bangsa Indonesia saling memaafkan di tengah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini.    Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu setelah diputuskan melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4) malam.   "Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi," ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat.   Dengan penetapan ini maka dipastikan 1 Syawal 1445 Hijriah antara keputusan pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah jatuh pada hari yang sama.   Sidang isbat tersebut diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ahli astronomi, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...