Saturday, 27 Apr 2024

Lembaga Kebudayaan Betawi Apresiasi Pengesahan RUU DKJ

news24xx


Lembaga Kebudayaan Betawi Apresiasi Pengesahan RUU DKJLembaga Kebudayaan Betawi Apresiasi Pengesahan RUU DKJ
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beki Mardani, mengapresiasi pengesahan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) oleh DPR, Kamis (28/3/2024).

Langkah ini, diyakini membuka peluang pengembangan lembaga masyarakat Betawi, termasuk upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaannya.

"LKB menyambut baik UU DKJ ini dan melihatnya sebagai peluang sekaligus tantangan dalam aspek kelembagaan masyarakat Betawi dan juga dalam upaya pelestarian, pembinaan, pemajuan, dan pengembangan budaya Betawi," kata Beki dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Baca juga : Cara Beckham Jaga Kebugaran Selama Ramadhan

Setelah teregistrasi, ia berharap DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta segera menyusun regulasi turunannya. Sebab, sesuai isi Pasal 31 RUU DKJ yang telah disahkan setidaknya memandatkan penyusunan dua peraturan daerah (Perda).

Yaitu, Perda tentang Lembaga Adat Betawi dan Perda Pemajuan Budaya Betawi.

"Masyarakat Betawi di-challenge memberikan masukan untuk kedua perda tersebut. Elemen organisasi kebetawian harus bersatu dan bersama-sama merumuskannya," semangatnya.

Baca juga : Capai Kematangan UKPBJ Level 3 Proaktif, Pemprov Sumsel Raih Penghargaan dari LKPP

Beki berharap, rumusan Perda dapat memberikan perlindungan, pembinaan, pengembangan, dan pemanfaatan dari budaya Betawi. Apalagi, UU DKJ memandatkan Jakarta sebagai kota global.

"Karenanya, Pemprov Jakarta juga harus mereview dan mengevaluasi terhadap strategi pemajuan kebudayaan. Kalau diperlukan, harus melihat kembali pokok-pokok pikiran pemajuan kebudayaan yang ada dan merumuskan kembali strategi pencapaiannya. Secara indeks, pemajuan kebudayaan Jakarta masih relatif rendah, terutama dalam aspek ekspresi budaya serta kelembagaan dan ekonomi budaya," jelasnya.

Sebagai kota global, katanya, Jakarta beruntung mempunyai budaya inti Betawi yang inklusif dan nilai budaya demokratis, egaliter serta humanis. Nilai-nilai budaya ini perlu disosialisasikan dan dikembangkan. Nilai-nilai tersebut, akan menjadi oase dalam kemajuan Jakarta.

Baca juga : Indonesia Juarai All England Open 2024, BNI Beri Apresiasi Tertinggi

Selain itu, keberadaan budaya Betawi akan menjadi kekhasan tersendiri sebagai Provinsi dengan empat kekhususannya dan aglomerasi akan menjadi perekat dengan adanya budaya Betawi di dalamnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...
Related News