Saturday, 27 Apr 2024

JIP Hadirkan Internet Gratis Di Area Publik Rusunawa Wilayah Jakarta

news24xx


JIP Hadirkan Internet Gratis Di Area Publik Rusunawa Wilayah JakartaJIP Hadirkan Internet Gratis Di Area Publik Rusunawa Wilayah Jakarta
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), sebagai perusahaan penyedia sarana pendukung penyelenggaraan infrastruktur telekomunikasi, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Jakarta, menyediakan fasilitas internet atau wifi gratis untuk warga rusunawa.

Program yang dikenal sebagai Jak wifi ini dihadirkan dalam rangka mendukung keterjangkauan dan kemudahan akses informasi bagi warga rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di era digital.

Program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan untuk memperluas jangkauan akses internet di area publik rusunawa.

Hal ini untuk mendorong semangat kreativitas bagi pendidikan serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Program Jak Wifi telah dimulai pada saat pandemi merebak di 2020. Inisiatif ini adalah bagian dari upaya gabungan pemerintah dan sektor swasta untuk mendukung aktivitas masyarakat dari rumah selama pandemi.

Baca juga : Jadi Kawasan Aglomerasi, Bang Zaki Beri Ide Arah Pembangunan Jakarta

Serta, membantu pendidikan anak-anak yang memerlukan akses internet untuk pembelajaran online.

Sejauh ini, fasilitas internet gratis telah tersedia di 73 akses poin yang tersebar di 19 lokasi rusunawa di wilayah Provinsi Jakarta, dengan dua tahap pemasangan sejak 2020.

Pada 2024, rencananya akan ada penambahan infrastruktur akses wifi tahap III di lokasi rusunawa tambahan, termasuk Muara Baru, Kapuk Muara, Tambora, dan Flamboyan.

General Manager Corporate Secretary & Legal PT Jakarta Infrastruktur Propertindo, Aji Rizqi Yodhana menyampaikan, sejak dioperasikan, wifi gratis ini telah digunakan oleh total 13,342 pengguna dari 2020 hingga Maret 2024.

Jak wifi dapat diakses di area publik di setiap rusunawa dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Baca juga : KPK Tetapkan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan, Salah Satunya Karutan Ahmad Fauzi

Dia berharap, layanan ini dapat turut mendukung meringankan beban warga dalam mengakses informasi dan sumber belajar online tanpa terkendala biaya.

Selain itu, program ini diharapkan juga bisa bermanfaat bagi keluarga dengan anak-anak sekolah yang membutuhkan akses internet untuk pembelajaran online.

“Serta membantu warga yang bekerja dari rumah atau menjalankan usaha kecil dan menengah,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Margaretha (63), Warga Rusun Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur merasa senang dengan adanya fasilitas wifi gratis yang telah disediakan oleh JIP ini.

"Senang karena warga bisa menggunakan secara gratis dan sangat terbantu, khususnya bagi pelajar yang berada di rusun jadi bisa belajar dan mengerjakan tugas" ungkapnya.

Baca juga : Pencarian Penumpang Kapal Terbalik Di Perairan Pulau Rambut Dilanjutkan

Program Jak wifi yang menawarkan bandwidth hingga 50 mbps ini, juga dilengkapi dengan Networking Management System (NMS) yang memungkinkan pemantauan trafik internet pengguna di tiap rusunawa.

Hal ini bertujuan untuk menjamin kualitas layanan yang optimal bagi pengguna.

Sementara itu, apabila pengguna ingin menggunakan layanan yang lebih prima, pengguna dapat meningkatkan layanannya dengan menggunakan layanan internet JIP berbasis komersial di rusunawa yang disebut dengan Jaki net.

Inisiatif CSR pelaksanaan wifi gratis oleh JIP di rusunawa wilayah Jakarta ini merupakan langkah nyata dalam mendukung ketahanan sosial ekonomi masyarakat.

Melalui kerja sama yang baik antara pemerintah dan sektor swasta, diharapkan upaya ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, khususnya penghuni rusunawa, dalam menghadapi tantangan baru di era digital.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...
Related News