Saturday, 27 Apr 2024

Ramadan Bersih Ramadan Suci CCEP Indonesia Gandeng 15 Pesantren Gelar Workshop Pengelolaan Sampah

news24xx


Ramadan Bersih  Ramadan Suci CCEP Indonesia Gandeng 15 Pesantren  Gelar Workshop Pengelolaan SampahRamadan Bersih Ramadan Suci CCEP Indonesia Gandeng 15 Pesantren Gelar Workshop Pengelolaan Sampah
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Untuk memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama 15 pesantren terpilih di seluruh Indonesia dari tanggal 26 hingga 28 Maret 2024.

Program bertajuk "Ramadan Bersih, Ramadan Suci" ini dirancang untuk menyatukan nilai-nilai kebersamaan dan keberlanjutan lingkungan.

Pesantren, sebagai institusi pendidikan yang menggabungkan pembelajaran fisik dan spiritual, dipilih karena peranannya yang krusial dalam membentuk karakter dan meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan santri.

"Melalui 'Ramadan Bersih, Ramadan Suci', kami ingin mendorong para santri untuk menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka, memahami pentingnya dan mengadopsi nilai-nilai penting tentang kebersihan dan keberlanjutan lingkungan melalui pentingnya pengumpulan sampah yang bertanggung jawab" kata PACS Director di CCEP Indonesia, Lucia Karina, Kamis (28/3/2024).

Program ini mencakup workshop pengelolaan sampah untuk mengedukasi para santri tentang pentingnya pemilahan sampah dan pembentukan bank sampah.

Baca juga : Berkah Ramadan, Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal

Serta, buka puasa bersama yang menghangatkan hati, memperkuat ikatan antara santri dan staf pesantren.

Kegiatan ini melibatkan 15 pondok pesantren yang tersebar mulai dari Medan, Padang, Lampung, Bandung, Magelang, hingga Pasuruan. Total, sebanyak 4.950 santri turut serta dalam program pelatihan ini.

Tidak hanya itu, pada kegiatan kali ini turut diserahterimakan sebanyak 23 tempat sampah, yang merupakan cerminan dari upaya bersama untuk mengedukasi dan mendorong praktik pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Program ini mendapatkan sambutan yang positif dari pesantren-pesantren yang terlibat.

Salah satu peserta program, Pesantren Al Hidayah As Sonhaji, Pasuruan menyambut baik kegiatan pelatihan pengelolaan sampah kali ini.

Baca juga : Selamatkan Demokrasi, Mahasiswa Di Aceh Gelar Aksi Dukung Ganjar-Mahfud

Menurutnya, salah satu persoalan yang terkadang luput dari perhatian di lingkungan pesantren adalah pengelolaan sampah.

Oleh karena itu, dirinya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan.

“Saya pribadi berharap kegiatan seperti pelatihan pengelolaan sampah ini bisa dilakukan secara berkelanjutan guna mewujudkan pengelolaan sampah yang ideal di lingkungan pesantren. Akan lebih baik jika pesantren bisa mengelola sampahnya secara mandiri,” ujar KH. Sonhaji Abdussomad, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah 2 Lecari, Kecamatan Sukarejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Workshop pengelolaan sampah sejalan dengan fokus CCEP Indonesia terkait rencana aksi keberlanjutan yang tertuang dalam komitmen global ”This is Forward”.

Sebagai perusahaan pembotolan dan distribusi minuman kemasan, CCEP Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan praktik ekonomi sirkular.

Baca juga : Bamsoet Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pesantren Al-Aniq Boarding School

Ada beberapa komponen utama dalam strategi ekonomi sirkular perusahaan, termasuk mencapai 100 persen kemasan yang dapat didaur ulang.

Serta, meningkatkan penggunaan plastik daur ulang menjadi 50 persen pada tahun 2025, dan mengeliminasi penggunaan plastik murni berbasis minyak dalam kemasan botol dan mendaur ulang setiap botol atau kaleng produk yang dijual pada tahun 2030.

Di samping itu, pada tanggal 26 Maret, CCEP Indonesia juga turut menggelar buka puasa bersama karyawan dan panti asuhan di 11 area operasional di seluruh Indonesia.

Menurutnya, ini menunjukkan komitmen CCEP Indonesia terhadap kebersamaan dan dukungan komunitas di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...
Related News