Monday, 04 Mar 2024

Menlu Retno Alhamdulillah Malam Ini 1 WNI Berhasil Dievakuasi Dari Gaza

news24xx


Menlu Retno  Alhamdulillah  Malam Ini 1 WNI Berhasil Dievakuasi Dari GazaMenlu Retno Alhamdulillah Malam Ini 1 WNI Berhasil Dievakuasi Dari Gaza
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, pemerintah berhasil mengevakuasi satu warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah Gaza, Palestina, Sabtu (9/12/2023) malam.

"Alhamdulillah, pada hari ini Sabtu 9 Desember 2023 sekitar pukul 19.00 waktu Indonesia bagian barat, kita berhasil kembali mengevakuasi satu warga negara Indonesia atas nama Farid Zanzabil Al Ayubi keluar dari Gaza," kata Retno dalam konferensi pers virtual, Sabtu (9/12/2023).

"Mas Farid adalah relawan MER-C, yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di rumah sakit Indonesia di Gaza Utara," imbuhnya.

Retno menuturkan, sejak RS Indonesia tidak beroperasi, Farid dan relawan MER-C lainnya berada di Gaza Selatan.

Baca juga : Alhamdulillah Satu Keluarga WNI Berhasil Keluar Gaza, 3 Lainnya Tetap Bertahan

Menurutnya, situasi di Gaza saat ini masih sangat berbahaya. Usai jeda kemanusiaan, Israel masih terus menggencarkan serangan.

Israel bahkan telah menyasar sebagian Gaza Selatan, terutama di wilayah Khan Younis.

Gaza Selatan sebelumnya merupakan daerah yang relatif aman, dibanding Gaza Utara.

Farid adalah satu dari tiga relawan MER-C, yang sejak awal memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Namun dalam perkembangannya, dia memutuskan dan meminta bantuan untuk dievakuasi.

Baca juga : Malam Ini, Brasil Lakoni Laga Terberat

Saat ini, Farid telah berada dengan selamat di perbatasan Rafah, wilayah Mesir, bersama tim evakuasi KBRI Kairo.

"Proses mengevakuasi mas Farid memerlukan waktu yang panjang dan sangat kompleks. Terutama, saat memasukkan nama beliau, dalam daftar yang diperkenankan untuk melintas proses," beber Retno. 

Ditegaskan, memasukkan daftar bukan perkara mudah. Terlebih, selama berlangsungnya jeda kemanusiaan, batasan Rafah juga tidak selalu terbuka untuk arus keluar. Mengingat prioritas diberikan bagi arus masuk bantuan kemanusiaan.

"Sekali lagi, kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT. Karena setelah proses yang panjang dan rumit, kita dapat membawa Mas Farid ke lokasi yang aman di Mesir," ucap Retno.

Baca juga : Berhasil Dievakuasi, WNI Di Gaza Bersuka Cita...

Selanjutnya, tim evakuasi KBRI Kairo akan membawa Farid ke Kairo, dan segera memfasilitasi repatriasi ke Indonesia.

"Dengan berhasil dievakuasinya Mas Farid, masih ada dua warga negara Indonesia relawan MER-C, yang dengan kemauannya sendiri tetap memilih untuk tinggal di Gaza. Saat ini, mereka dalam keadaan sehat selamat. Mereka ada di Gaza Selatan, di sebuah sekolah dekat Rumah Sakit Eropa," papar Retno.

Retno memastikan, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dan memantau keadaan kedua WNI tersebut.

"Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu evakuasi WNI, yang sejauh ini sudah berlangsung dalam tiga tahap," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...