Sunday, 14 Jul 2024

AC Tanpa Listrik Bakal Jadi Sorotan Di Event IREIS 2023

news24xx


AC Tanpa Listrik Bakal Jadi Sorotan Di Event IREIS 2023AC Tanpa Listrik Bakal Jadi Sorotan Di Event IREIS 2023
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - AC tanpa listrik yang tengah dirancang oleh India dan diberi nama Cool Ant tengah jadi sorotan karena memanfaatkan energi terbarukan 

Diteliti oleh para ahli di Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada 2022, AC ini modelnya menyerupai sarang lebah yang terdiri atas slilinder terakota yang ditumpuk dan digabung satu sama lain.

Di India, Cool Ant ini diciptakan oleh pendiri Ant Studio yang bernama Monish Kumar Siripurapu. Penggunaan energi terbarukan, seperti AC tanpa listrik akan menjadi salah satu pembahasan dalam Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023. 

Baca juga : Tarif Listrik Nggak Naik, Pelayanan PLN Tetap Jos

Menurut Lina selaku ketua panitia IREIS 2023, AC tanpa lsitrik berbetuk slilinder terakota dilapisi oleh struktur baja tahan karat yang bentuknya melingkar, sehingga tidak membutuhkan listrik dan tidak mengeluarkan polusi.

"AC ini bekerja dengan prinsip pendinginan evaporatif, teknik kuno. Teknik ini mengandalkan air dan bahan berpori seperti terakota untuk menurunkan suhu di sekitarnya," jelas Lina dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (21/1).

Masih menurut Lina ketika air merembes melalui lapisan berpori air tersebut akan menguap di permukaan luar dan mendinginkan permukaan dalam mengikuti prinsip pendinginan evaporatif. Pemilik Cool Ant hanya perlu mengisi air sekali atau dua kali sehari karena AC alami tersebut dapat bekerja dengan air daur ulang.

Baca juga : Tchouameni Betah Jadi Ban Serep Di EL Real

"Alat ini merupakan suatu inovasi karena sebelumnya belum ada AC yang dapat berfungsi tanpa energi listrik dan tentu hal ini lebih bersifat ramah lingkungan serta lebih hemat tentunya," kata Lina yang juga wakil dari PT Span Hai Map.

Demi mendorong energi terbarukan menjaga lingkungan tetap hijau di suatu negara Maka dari itu, perusahaan Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-14 November di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

"Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia pada kehidupan sekarang serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan," jelas Lina.

Baca juga : Pertamina Tawarkan Bioenergi Jadi Solusi Kurangi Emisi Global Di Ajang ISF 2023

Hal ini tidak hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan memajukan kondisi perekonomian Indonesia namun juga menaruh harapan dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan dengan mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan.

"Jika tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, bisa mendaftarkan diri melalui link melalui https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 [email protected]," tutup Lina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...