Saturday, 27 Apr 2024

Raih Kalpataru Menteri Siti Ucapkan Selamat Kepada 10 Pejuang Lingkungan

news24xx


Raih Kalpataru  Menteri Siti Ucapkan Selamat Kepada 10 Pejuang LingkunganRaih Kalpataru Menteri Siti Ucapkan Selamat Kepada 10 Pejuang Lingkungan
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Kalpataru kepada 10 pejuangan lingkungan dan kelompok dianugerahi penghargaan Kalpataru 2023 karena dinilai berjasa dalam menjaga serta memelihara lingkungan dan kehutanan.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengucapkan selamat. Ia menyampaikan bahwa keberadaan penghargaan Kalpataru sangat penting. Hal tersebut mengingat secara prinsip bahwa pendekatan penanganan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan harus dilakukan dengan pendekatan konstitusionalitas dan prosedural. 

Penanganan ini sebagai refleksi kaitan antara demokrasi dan lingkungan, yakni demokrasi dan rasa untuk menjaga lingkungan, di mana ada kaitan filosofis, pelembagaan yang mendorong praktek atau rintisan untuk membangun nilai-nilai yang menghargai lingkungan, serta menerapkan secara mendasar prinsip kelestarian lingkungan atau deep-green pada penempatan dalam berbagai kebijakan). 

“Aktualisasinya dalam bentuk dan orientasi partisipasi yang lebih dan semakin luas atau wider participation, adopsi kebijakan-kebijakan yang berorientasi hijau,” ujar Siti usai memberikan penghargaan Kalpataru secara langsung kepada tokoh terpilih di Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (5/6).

Baca juga : Yuki Kato, Dicomblangi, Belum Ada Yang Nyangkut

Peringtan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni ini, KLHK juga menyelenggarakan Festival PeSona (Perhutanan Sosial Nasional) pada 5–7 Juni 2023 di Gedung Manggala Wanabakti.  Festival ini dibuka untuk umum dan selama festival, dilaksanakan beberapa kegiatan anta lain Temu Inovasi Perhutanan Sosial, Pameran Produk Hutan Sosial dan Coaching Clinic, Seminar/Talkshow dan Podcast, Pentas Seni Budaya dan Aneka Lomba untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan lingkungan.

Melalui event ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, apresiasi, dan membuka kesempatan semua pihak untuk berkolaborasi dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan. 

Dikatakan Siti penghargaan Kalpataru tidak hanya memberi penghargaan secara simbolis, namun untuk dampak yang lebih luas, yaitu memotivasi dan mendorong kesadaran, kepedulian, kepeloporan, dan peran aktif masyarakat dalam perlindungan, pengelolaan serta pelestarian fungsi lingkungan hidup dan kehutanan.

Menteri dua periode ini menerangkan, bahwa rangkaian kegiatan dalam Festival Pesona Tahun 2023 ini diharapkan dapat merefleksikan keberhasilan program Hutan Sosial dan sebagai apresiasi terhadap peran para pelaku Hutan Sosial yang telah berhasil melakukan inovasi, kreatifitas atau mendampingi dan menggerakan komunitas dalam mengelola dan melestarikan hutan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga : AP l Gelar Persiapan Khusus Sambut Kedatangan Pesawat Penumpang Terbesar Di Dunia

Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi platform untuk bertukar pikiran dan menerapkan langkah-langkah praktis termasuk bila mungkin menjadi arena seller meet buyer untuk membangun kolaborasi bagi masyarakat, Pemerintah, pelaku hutan sosial, swasta dan akademisi dalam mengembangkan usaha hutan sosial.

“Festival ini juga menjadi bagian penting dalam kerja-kerja kita dalam Perhutanan Sosial yang secara prinsip bahwa perhutanan Sosial dibangun untuk keberpihakan pada masyarakat atau small holders, memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan serta membangun produktivitas dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” terang Siti.

Pada kesempatan ini juga, KLHK melakukan kerja sama  penandatanganan dengan enam perwakilan perusahaan Proper dengan Direktur Jenderal PSKL dan Direktorat Jenderal PPKL, yaitu PT. Astra Internasional, Tbk, PT. Pertamina (Persero), PT. Semen Padang, PT. Paiton Energy, PT. PLN Indonesia Power, dan PT. Pertamina Gas Negara.

Pada penghargaan Kalpataru ini, turut hadir juga Wakil Menteri LHK, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama lingkup KLHK, Dewan Pertimbangan Kalpataru, Penasehat Senior Menteri, serta undangan.

Baca juga : Puan: Segera Tindak Tegas!

Adapun penerima penghargaan untuk kategori perintis. Muhammad Ikhwan Am. dari Sulawesi Selatan, Misman, Kalimantan Timur, Asep Hidayat Mustopa, Jawa Barat dan Dani Arwanton, DKI Jakarta. 

Kemudian untuk kategori penyelamat, Perkumpulan Pengelola Hutan Adat Dayak Abay Sembuak dari Kalimantan Utara, Yayasan Ulin, Kalimantan Timur dana LPHK Damaran Baru, Aceh.

Selanjutnya, untuk kategori pengabdi diberikan kepada Arsyad dari Nusa Tenggara Timur. Penghargaan Kaplataru untuk kategori Pembina dianugerahkan kepada Petronela Merauje (Papua) dan Dr. Ir. Nugroho Widiasmadi, M.Eg (Jawa Tengah).  Selain itu, diberikan penghargaan khusus bidang Pengembangan Jejaring Ekowisata kepada H. Awam (Jawa Barat). ■ ___  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id





Loading...