Monday, 27 Jun 2022

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

news24xx


Foto : VOIFoto : VOI
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Sama halnya seperti kulit, warna bibir juga dapat berbeda setiap orang. Memang, memiliki bibir pink merona dan sehat tentu akan membuat penampilan lebih menarik dan membuat warna lipstik semakin keluar. Sayangnya, tidak semua orang beruntung memiliki bibir merah. Beberapa diantaranya ada yang memiliki bibir berwarna hitam. Bibir yang menghitam bisa saja diakibatkan oleh hiperpigmentasi atau kelebihan melanin.

Hiperpigmentasi bibir biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tidak hanya dapat merusak kulit wajah, paparan sinar matahari juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir hitam yang paling umum.

Kulit, termasuk bibir yang terkena sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Akibatnya, kulit dan bibir bisa berubah menjadi lebih gelap. Untuk itu Anda bisa mencegah perubahan warna bibir ini dengan rajin menggunakan lip balm yang mengandung SPF agar bibir tetap terlindungi.

Kebiasaan merokok pun jadi salah satu penyebab bibir hitam. Kandungan nikotin dan benzopyrene dalam asap tembakau dapat mendorong tubuh memproduksi melanin, yang kemudian dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Perubahan ini terjadi secara bertahap seiring waktu dan intensitas kebiasaan merokok.


Read More : Menurut Studi, Aroma Vanilla Membantu Menenangkan dan Mengurangi Kecemasan

Rupanya, masalah kesehatan juga memengaruhi penyebab bibir menghitam. Dilansir dari Medical News Today, beberapa masalah medis tertentu dapat menyebabkan hiperpimentasi kulit. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit addison.

Kondisi ini terjadi karena adanya kerusakan pada kelenjar adrenal, sehingga tidak mampu memproduksi hormon penting yang diperlukan tubuh.



Read More : Suka dengan Makanan dan Minuman Manis? Ini 5 Tanda Anda Kecanduan Gula

Akibatnya, timbul bercak hitam pada kulit, bibir hitam, atau gusi menggelap. Gejala lainnya termasuk kurang berenergi, lemah, dan memiliki suasana hati yang buruk. Tahukah Anda? Jika tubuh kekurangan asupan cairan, bibir pun kemungkinan besar bisa berubah menjadi hitam. Kondisi bibir yang kering lama kelamaan menjadi pecah-pecah dan akhirnya berubah jadi hitam. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal delapan gelas air putih per hari.

Selain minum air putih, minuman berkafein juga dipilih untuk dikonsumsi setiap hari karena memang dapat memberikan efek menyegarkan dan memberi semangat. Namun sayangnya, minuman berkafein seperti kopi dapat menimbulkan efek diuretik yang membuat Anda lebih sering buat air kecil sehingga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, bibir akan berubah menjadi kering, pecah-pecah, dan tampak menghitam. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak kafein pun bisa merubah warna gigi menjadi kuning.Untuk mengatasi warna bibir yang menghitam ini, Anda hanya perlu rutin mengeksfoliasi bibir dua hingga tiga kali seminggu sebelum tidur malam.

Selain itu, gunakan lip balm yang mengandung SPF setiap kali hendak keluar rumah. Rawatlah bibir seperti Anda merawat kulit wajah. Terkahir, minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.  





Loading...